Monday, May 12, 2014

Riedl Enggan Gelar TC Selama Bulan Ramadhan

Tiga pelatih timnas senior - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia yang dipersiapkan menghadapi Piala AFF 2014 tidak akan menjalani pemusatan latihan selama Ramadhan. Menurut pelatih Alfred Riedl, saat berpuasa, fisik pemain tidak cukup ideal untuk digeber. 

Hal ini diungkapkan Riedl usai mendampingi timnya bertarung melawan ASEAN All Star, Minggu, 11 Mei 2014. Dalam duel ini, tim Merah Putih menang tipis 1-0. 

"Saat pemain sedang berpuasa, kondisi fisik mereka juga pasti menurun. Karena itulah saya tidak ingin menggelar TC di bulan Ramadhan nanti," kata Alfred Riedl.

Liga Super Indonesia (ISL) 2014 kembali memasuki masa rehat mulai 12 Juni 2014. Selama dua bulan, ISL akan diliburkan sehubungan dengan agenda pemilihan umum (Pemilu) Presiden RI dan menyambut bulan suci Ramadhan.

Menurut Riedl, pihaknya hanya menggelar pemusatan latihan sejak 12 hingga 26 Juni 2014 saja. Dan selama rentang waktu tersebut, pelatih asal Austria itu menargetkan Timnas bisa menggelar 2 atau 3 laga uji coba internasional.

"Jadi, TC mungkin digelar pada 12 hingga 26 Juni 2014 saja. Saya ingin ada 2 hingga 3 laga di rentang waktu tersebut," beber pelatih 64 tahun tersebut. 

Pemusatan latihan selama Ramadhan sebenarnya bukan hal baru bagi timnas Indonesia. Beberapa kali, skuad Garuda harus menjalani ibadah puasa sembari mengikuti pemusatan latihan. Tahun lalu, saat Timnas senior ditangani pelatih Jacksen F Tiago, TC sempat digelar pada Ramadhan.  

Latihan digelar jelang pertandingan uji coba melawan Arsenal, 14 Juli 2013. Pada pertandingan ini, Indonesia menyerah dengan skor sangat telak 0-7. 

Nasib yang sama juga dialami pemain Timnas saat mempersiapkan diri menghadapi Pra Piala Dunia Brasil pada 2011 lalu. Saat itu, para pemain menjalani ibadah puasa sembari mengikuti pemusatan latihan di Cilegon, Banten.[viva]