Wednesday, May 21, 2014

Paulo Sitanggang Lulus UN dengan Nilai Minim

Paulo Oktavianus Sitanggang - IST
Seputar Timnas - Gelandang serang andalan timnas U-19, Paulo Sitanggang, yang bersekolah di SMA Pahlawan Jember dinyatakan lulus ujian nasional (UN). Kelulusan Paulo, diketahui dari pengumuman hasil UN SMA Pahlawan yang diumumkan pukul 12.00 WIB Selasa, 20 Mei 2014.

Meski dinyatakan lulus, namun hasil nilai UN Paulo terbilang minim dengan nilai rata-rata 5,7. Adapun batas minimal kelulusan siswa harus mempunyai nilai rata-rata di atas 5,5. Minimnya nilai UN Paulo, waktu dan kesempatan belajar karena dirinya disibukkan membela timnas U-19.

Dari jumlah siswa sebanyak 108 orang, peserta UN di SMA Pahlawan ini seluruhnya dinyatakan lulus. Sibuknya Paulo membela negara membuat dirinya tidak mempunyai waktu belajar maksimal.

Bahkan, Paulo terpaksa mengikuti UN susulan, karena pada saat itu sedang berada di Timur Tengah dalam rangka uji coba Timnas U-19. Namun, sebelum membela negara, Paulo mengaku belajar rutin seminggu dua kali dengan program home schooling yang diprogramkan oleh PSSI.

Sebelumnya, Paulo sempat mengaku tidak dapat maksimal mengerjakan soal UN. Pasalnya, dia harus membagi pikiran antara fokus di Timnas dan sekolah.

"Apalagi, pelaksanaan ujian nasional waktunya bebarengan dengan training centre timnas yang baru digelar di Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu," kata Paolo, beberapa waktu lalu.

Dia berharap, dapat mengerjakan soal UN secara benar dan lulus sekolah dengan nilai baik. "Tetapi saya belum memikirkan apakah meneruskan sekolah ke jenjang lebih tinggi atau fokus di sepakbola," tambah dia.[okezone]