Monday, May 26, 2014

Jam Terbang, Masalah Utama Timnas U-19

Foto - Tribun
Seputar Timnas - Dampak absennya pemain-pemain inti Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 begitu terasa kala mereka ditahan 1-1 oleh Timnas Yaman U-19, dalam laga Ujicoba kedua mereka tadi Malam. Meskipun begitu, pelatih Indra Sjafri membela anak asuhnya dengan mengkambinghitamkan jam terbang pemain yang masih jauh dari pemain utama.

Memang, nama-nama  yang biasa menjadi andalan seperti Evan Dimas, Ravi Murdianto, Maldini Pali, dan Ilham Udin tidak nampak dalam starting line-up timnas. Walaupun masih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 60:40, David Maulana cs seperti kehilangan akal ketika memasuki wilayah final third Yaman.

Pemain seperti Febly Gushendra, Bagas Adi Nugroho, Hendra Sandi, Ichsan Kurniawan, Miftahul Hamdi, dan Martinus Novianto memang jarang mendapatkan kesempatan bermain. Septian David Maulana sendiri biasa dimainkan dari bangku cadangan dan menjadi supersub bagi Indra Sjafri.

Hal tersebut juga diamini oleh pelatih asal Sumatera Barat ini, jam terbang menjadi masalah utama para pemain pelapisnya. Namun, ia juga memberikan apresiasi atas perjuangan mereka di atas lapangan dan akan melakukan evaluasi ke depannya.

“Akan ada banyak evaluasi dari permainan anak-anak. Bila melihat komposisi tim tadi, jam terbangnya memang masih jauh dari para pemain utama,” tutur Indra Sjafri, kepada wartawan usai pertandingan.

Sebenarnya saya tidak mau mengganti pemain utama, tapi akhirnya saya putuskan untuk melakukan rotasi pemain. Saya tetap apresiasi permainan mereka. Bagi saya, kalah menang tidak masalah yang penting adalah menjaga bagaimana kesiapan tim berjalan sesuai program,” paparnya.[okezone]