Friday, May 23, 2014

Inilah Kiprah Yaman di Piala Asia U-19

Timnas U-19 - Bolanet
Seputar Timnas - Yaman U-19 akan menjadi sparring partner Timnas Indonesia U-19, sebelum menghadapi Piala Asia U-19, di Myanmar, Oktober 2014. Kedua tim akan bertarung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat, 23 Mei 2014. 

Yaman sebenarnya bukan wajah baru di Piala Asia U-19. Sudah beberapa kali Yaman berhasil melaju ke babak utama, meski kerap gagal mengukir prestasi. 

Menjalani debut di Piala Asia 2004, Yaman gagal melewati fase penyisihan grup setelah tidak mampu memenangkan satu pertandingan pun. Sepanjang laga, Yaman hanya mencetak satu gol saja dan kemasukan delapan kali.

Dua tahun kemudian, Yaman malah gagal melaju ke babak utama Piala Asia. Perjalanan Al-Yemen A'Sa'eed --julukan Yaman--kandas di babak kualifikasi.  

Yaman kemudian tampil di Piala Asia 2008 dan 2010 namun gagal memetik satu kemenangan pun di babak penyisihan. Yaman juga menjadi lumbung gol di Piala Asia 2008 dan 2010. Pada perhelatan Piala Asia 2012, Yaman absen. 

Tahun ini, Yaman, kembali menembus babak utama. Yaman melaju setelah keluar sebagai runner up terbaik Grup B, di bawah Uni Emirat Arab. Dalam klasemen runner up terbaik, Yaman menempati urutan ke-6, dan berhak atas tiket terakhir menuju Piala Asia yang akan digelar di Myanmar, 9-23 Oktober.  

Di babak kualifikasi, Yaman hanya menelan satu kekalahan saja, yaitu dari sang pemuncak klasemen Uni Emirat Arab. Dalam tiga pertandingan lain, Yaman sukses meraih poin penuh.
Saat ini, pelatih Yaman, Ahmed Ali Qaseem, seperti dilansir situs resmi FA Yaman, masih mencari komposisi terbaik bagi timnya. Qaseem terus melakukan bongkar-pasang terhadap skuadnya dengan memasukkan beberapa pemain baru menggantikan gerbong lama. Dia memantau pemain lewat kompetisi U-20 yang tengah berjalan di Yaman.

Nantinya, saat kompetisi U-20 sudah selesai, kerangka tim Yaman akan dikumpulkan di Sanaa. Lalu, pada tahapan kedua, Yaman U-19 akan dilatih oleh militer Yaman. Dan baru pada periode terakhir, Yaman akan memperbanyak uji coba mereka.[viva]