Saturday, May 3, 2014

Inilah 3 Pemain Timnas U-19 yang Coret Indra Sjafri

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19, akhirnya resmi memulangkan tiga pemainnya. Mereka tidak memenuhi syarat untuk memperkuat Garuda Jaya. 

Dalam rilis Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, sebenarnya berniat mencoret 4 nama. Namun Martinus dari klub Pra PON DIY, masih diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di depan tim pelatih. 

Tiga nama lainnya, yakni Reza Pahlevi Sitorus, Sukarno Andi Wijaya (Persewangi), dan M Hamdan Zamzani (PSS Sleman), tidak semujur Martinus. Mereka langsung dipulangkan. Reza menjadi satu-satunya jebolan Piala AFF U-19 2013 dan kualifikasi Piala Asia yang terlempar dari skuad Garuda Jaya. Sedangkan Sukarno dan Hamdan, berasal dari Tur Nusantara beberapa waktu lalu. 

"Dari skuad Timnas U-19 (Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia) sebelumnya, tim pelatih hanya memulangkan Reza Pahlevi Sitorus," tutur Indra menjelaskan.

Menurut Indra, pemulangan pemain kali ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Tolok ukur yang digunakan tim pelatih adalah aspek teknis dan mental, agar Garuda Jaya mampu menembus Piala Dunia U-20. Kemampuan fisik, teknik, intelejensi, dan mental yang prima menjadi syarat memperkuat tim di Piala Asia.

"Promosi dan degradasi sesuatu yang biasa dalam pemusatan latihan. Nanti pada akhirnya tim ini juga akan menciut lagi. Tim pelatih pasti akan memulangkan lagi beberapa pemain yang tidak kompetitif," jelas mantan pelatih PSP Padang itu. 

Timnas U-19 sedang dipersiapkan untuk tampil pada Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang. Pasca pemulangan tiga pemain, kini Garuda Jaya dihuni oleh 29 nama. Garuda Jaya sendiri akan beruji coba melawan Myanmar U-19. Duel akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin, 6 Mei 2014.[viva]