Friday, May 9, 2014

Indra Sjafri Tolak Anggapan Timnas U-19 Bergantung Evan Dimas

Indra Sjafri - Evan Dimas - IST
Seputar Timnas - Ketergantungan Timnas U-19 terhadap sosok Evan Dimas masih tampak kental. Faktanya, kendati Evan mendapat kawalan ketat saat menghadapi Myanmar di laga uji coba kedua, pelatih Indra Sjafri tetap memberikan porsi bermain selama 90 menit pada sang kapten.

Setelah bermain imbang 1-1 melawan Myanmar U-19 (5/5/2014), Indra menyatakan akan menarik keluar sang Kapten. "Jika menghadapi lawan dengan pressing ketat, kami seharusnya menarik keluar Evan Dimas," kata Indra pada wartawan.

Namun di pertandingan kedua melawan Myanmar yang terjadi justru sebaliknya. Indra tetap memainkan Evan 2x45 menit. Sang pelatih beralasan agar Evan bisa belajar cara melepaskan diri dari pressing ketat lawan.

"Alasannya satu, agar Evan belajar bagaimana mengatasi situasi lawan yang seperti itu. Bila kami tarik keluar, Evan tidak akan dapat kesempatan belajar lebih banyak," kata Indra.

Indra menambahkan, tidak ingin mengubah skuat besar-besaran. Karena sang pelatih memasang target menemukan kerangka tim inti untuk dibawa ke Piala AFC U-19, Oktober nanti. Indra pun menolak bila Timnas U-19 bergantung pada sosok pemain jebolan SSB Mitra Surabaya itu.

"Saya tidak melihat satu individu pemain. Kenapa Evan masih tetap kami mainkan? Karena kami tidak ingin banyak lagi bongkar pasang pemain. Semakin dekat kami AFC U-19, pemain harus mendapatkan pengalaman. bila bongkar-pasang, kami tidak dapat 11 pemain tim di Myanmar nanti," ucap Indra.

"Mereka butuh banyak pengalaman, bermain Timur Tengah, Myanmar yang cerdik, militan dengan counter attack-nya. Evan Dimas perlu mendapat ruang eksperimen," sambung Indra.[liputan6]