Thursday, May 22, 2014

Indra Sjafri Tak Sabar Lawan Yaman U-19

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menganggap tim Yaman U-19, bukanlah lawan yang mudah bagi pasukannya. Kedua tim akan bertarung dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat, 23 Mei 2014. 

Hal ini disampaikan Indra menyusul hasil kurang meyakinkan yang diraih Garuda Jaya di dua uji coba sebelumnya. Seperti diketahui, Evan Dimas dan kawan-kawan cukup kerepotan saat beruji coba melawan Myanmar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. 

Di laga perdana, Timnas U-19 hanya mampu meraih hasil imbang 1-1. Sedangkan di laga kedua, Garuda Jaya justru kalah dengan skor 1-2. 

"Melihat hasil dua pertandingan terakhir, maka penyelesaian akhir dan organisasi permainan adalah target yang harus kami perbaiki. Hal itu akan terlihat saat menghadapi Timnas U-19 Yaman, besok malam," kata Indra, Kamis 22 Mei 2014.

Indra menambahkan, ada dua hal yang telah diperbaiki selama menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta. Pertama, adalah sentuhan akhir. Dan yang tak kalah pentingnya adalah organisasi permainan. Menurut Indra, mental para pemainnya juga sudah pulih dan siap memberikan yang terbaik dalam laga besok. 

"Kekalahan terakhir dari sisi hasil memang buruk, tapi menambah motivasi pemain. Kami bersyukur recovery mental usai kekalahan berlangsung cepat dan sepertinya pemain sudah gatal ingin kembali bertanding,” jelas pelatih asal Padang itu.

Menghadapi Yaman U-19, Indra juga tidak banyak melakukan perubahan terhadap skema bermain pasukannya. Mantan pelatih PSP Padang itu tetap setia dengan formasi 4-3-3. Indra juga sedikit bisa bernafas lega setela bek andalan Timnas U-19, I Putu Gede Juni Antara, sudah mulai ikut berlatih bersama pemain-pemain lainnya. 

Namun, untuk tiga pemain lainnya seperti Yabes Roni Malaifani, Eriyanto, dan Dimas Drajad kemungkinan besar bakal absen karena belum pulih. "Kondisi terakhir, Putu Gede sudah ikut latihan, tapi masih menjalani proses pemulihan," beber Indra. 

Mengenai kekuatan tim lawan, Indra sudah mempelajarinya lewat rekaman pertandingan Yaman U-19 pada kualifikasi Piala Asia U-19. Tergabung di Grup A, Yaman U-19 menjadi runner-up di bawah juara grup, Uni Emirat Arab (UEA).

"Jelas ini memberi tantangan bagi kami sebagai ukuran dan evaluasi nantinya," sambung Indra. [viva]