Sunday, May 25, 2014

Hasil Lawan Yaman Belum Puaskan Indra Sjafri

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Meskipun bersyukur Timnas U-19 proyeksi Piala Asia U-19 2014 sudah mulai ada perbaikan performa ketika mampu menggasak Timnas Yaman U-29, Jumat (23/5/2014) malam, namun pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri belum terpuaskan.

Pada pertandingan itu, tiga gol Indonesia dilesakkan oleh Muchlis Hadi di menit ke-21', Hansamu Yama (24'), dan Septian David Maulana (70').

Pada laga tersebut, Indra menilai masih ada kesalahan yang dilakukan persis seperti ketika melawan Myanmar beberapa waktu lalu. Hal itu yang menurut dia masih perlu banyak dievaluasi.

"Masih ada kesalahan yang sama seperti saat melawan Myanmar. Seperti anak-anak masih mudah terpancing permainan lawan. Tentu ini jadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam waktu yang tersisa," katanya sesuai rilis yang dikirimkan Humas PSSI.

Kendati belum puas, namun secara permainan, Indra menilai ada kemajuan. Pasalnya, pemainnya berhasil menerapkan strategi yang diberikannya dan mendengarkan saran yang diberikannya, hingga permainan pun lebih terbuka.

"Kami mencoba melakukan eksperimen strategi baru dan penempatan pemain. Kita buat kombinasi di lini tengah dengan menurunkan Zulfiandi, Paulo (Sitanggang), dan Evan Dimas lebih dulu. Rotasi pemain pun berjalan dengan baik, masuknya Hargianto menggantikan Zulfiandi juga sukses,' ucapnya.

Baiknya penampilan Timnas U-19 pun diakui oleh pelatih Timnas Yaman, Ahmed Ali Qasem. Bahkan dia memuji serangan yang dilakukan oleh Evan Dimas dkk. "Serangan Indonesia sangat efektif. Belum lagi pertahanan tuan rumah juga sangat baik, cukup kokoh hingga kami kesulitan untuk bisa membuka peluang. Indonesia bermain luar biasa," katanya.

Menurut dia, pertandingan uji coba melawan Timnas U-19 ini memang menjadi pelajaran penting bagi timnya. Dirinya mengaku ingin belajar dari Indonesia. Karena misinya tersebut, maka Yaman pun menurutnya memang memilih tidak memasukkan pemain andalannya sejak awal pertandingan.

"Kami memang sengaja memasukan pemain andalan kami di babak kedua. Karena ingin melihat permainan Indonesia di paruh pertama. Hasil di pertemuan pertama ini akan kami evaluasi untuk penampilan di laga kedua, Minggu (25/5/2014) nanti," imbuh Ahmed.

Dirinya pun berharap pemainnya bisa bermain lebih lepas ketika berhadapan dengan Timnas di laga kedua nanti.[pikiran rakyat]