Tuesday, May 20, 2014

Emosi Penggawa Timnas U-19 Jangan Gampang Meledak

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Laga uji coba Timnas Indonesia U-19 kontra Yaman U-19 sangat bermakna. Pelatih Indra Sjafri akan menjadikan laga persahabatan tersebut untuk memperbaiki mental bertanding Garuda Jaya.

Misi memperbaiki mental tanding itu sebagai respons atas tingginya emosi pemain saat berujicoba dengan Myanmar. Menjamu Myanmar U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 5 dan 7 Mei lalu, Evan Dimas dkk dibuat tidak berdaya.

Pada pertemuan pertama, Shan Aung dkk berhasil laga berakhir imbang, 1-1. Adapun di laga kedua lebih parah laga, di luar dugaan, Garuda Jaya dipaksa bertekuk lutut, 1-2, dari tim 1.000 Pagoda tersebut.
Indra menilai, laga pemanasan kontra Yaman U-19 jadi ajang yang tepat untuk kembali mendongkrak mental bertanding anak-anak asuhnya.

Soal lawan yang dihadapi lagi-lagi berasal dari Timur Tengah, pelatih yang mengantar Timnas U-19 sebagai jawara Piala AFF U-19 2013, mengaku tidak ada masalah. 

''Uji coba itu bagian dari persiapan tim. Dari uji coba terakhir jelas harus diperbaiki mental anak-anak yang gampang tersulut emosinya, finishing juga masih bermasalah,''papar Indra.

''Sementara siapa pun lawan ujicoba kami tak mempermasalahkan. Kami memang meminta lawan yang selevel, lawan yang lebih bagus atau lawan yang lebih ringan. Apalagi pemilihan lawan-lawan ini karena mereka juga menjadi peserta Piala AFC U-19 di Myanmar nanti," sambung pelatih yang sempat menjadi kepala kantor Pos di Padang.

Setelah dua kali ditantang Yaman U-19, Garuda Jaya akan menjamu Lebanon U-19, pada 28 Mei. Laga-laga uji coba ini dilakukan, sebagai persiapan Evan Dimas dkk berlaga di Piala AFC U-19 Myanmar, 9-29 Oktober mendatang. Dimana Timnas U-19 tergabung di Grup B bersama Australia, Uni Emirat Arab (UEA) dan Uzbekistan.[sindo]