Thursday, May 29, 2014

Ditahan Imbang Lebanon, Ini Kata Indra Sjafri

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Timnas U-19 ditahan imbang Timnas U-19 Lebanon 0-0 di Stadion Manahan, Solo, Rabu, 28 Mei 2015. Sang pelatih Pelatih Timnas Indonesia U-19 pun mengakui jika  penyelesaian akhir dari Evan Dimas, dkk dinilai masih belum maksimal.

Indra Sjafri mengatakan timnya menemukan banyak pelajaran dari hasil ujicoba yang dilakukan. Merujuk pada hasil uji coba selama dua bulan ini Timnas U-19 Indonesia  bisa mempelajari macam taktik, tipikal lawan.

"Termasuk hasil pertandingan malam ini, kita bisa mempelajari meskipun penguasaan bola dari kita lebih banyak, sekitar 71 persen. Tetapi pada kenyataannya tidak terjadi gol," ucap dia kepada wartawan usai laga uji coba di Stadion Manahan Solo, Rabu malam, 28 Mei 2014.

Indra membedakan taktik dan strategi yang dilakukannya saat melawan Yaman dan Lebanon. Menurutnya  Yaman saat itu masih mau bermain terbuka dan saling serang. Sementara saat lawan Lebanon, timnya harus menghadapi tim yang lebih mengedepankan strategi bertahan. Mirip dengan tipikal dari Timnas Filipina.

"Saya kira strategi babak kedua tadi lebih efisien. Kami mulai berani main kombinasi dari kaki ke kaki, berani take over, dan berani shooting ke gawang. Tapi mungkin beda lagi hasilnya ketika ada Yabes yang bisa berlari cepat dan mendobrak pertahanan lawan. Nah perbedaan strategi inilah yang akan direkam oleh anak-anak saya ini, " jelasnya.

Meskipun demikian, Indra memuji konsentrasi dari anak asuhnya. Evan Dimas, dkk bermain dengan baik sesuai rencana. "Uji coba ini mencapai target kami. Meskipun, produktitfas gol belum maksimal. Tapi konsentrasi semakin meningkat dan tingkat kesalahan yang menurun. Dari pertandingan ini, tingkat kesalahan kami di bawah 20. Nah, ini adalah rekor bagi kami juga, " ucapnya.

Indra bakal mengevaluasi permainan dari anak asuhnya berdasar 24 pertandingan uji coba yang dilakukan. Salah satu evaluasi yang penting adalah perihal penyelesaian akhir.

"Selama dua bulan uji coba, penyelesaian akhir tetap belum berubah. Nanti akan kami buat sesi-sesi latihan penyelesaian akhir ini. Tapi yang jelas, evaluasi akan kami lakukan secara menyeluruh dari semua uji coba yang dilakukan. Jadi berdasarkan tingkat statistik pertandingan," jelasnya.[viva]