Tuesday, May 20, 2014

Cedera, Tiga Pemain Timnas U-19 Ini Absen Lawan Yaman

Yabes Roni bakal absen lawan Yaman - IST
Seputar Timnas -  Tiga pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 dipastikan tidak akan bisa dimainkan saat uji coba dengan Timnas Yaman U-19 di Maguwoharjo International Stadium (MIS), 23 dan 25 Mei mendatang. Belum pulihnya cedera yang dialami ketiganya menjadi alasan tersebut.

“Belum boleh diturunkan oleh tim dokter untuk bermain pada 23 Mei atau bahkan bisa jadi pada uji coba dua hari setelahnya,” jelas arsitek Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, Senin (19/5).

Ketiga pemain tersebut yakni Dimas Drajad, Eriyanto dan Yabes Roni Malaifani. Mereka absen karena mengalami cedera hamstring yang didapat saat latihan fisik pada Rabu (14/5) pekan lalu. Praktis setelah itu hingga hampir sepekan skuat Garuda Jaya menggelar pemusatan latihan di lapangan sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, ketiganya hanya mengikuti latihan ringan.

Termasuk, petang tadi, hanya mengenakan sepatu kets, ketiganya berlatih ringan di tepi lapangan. Adapun Ryuji Utomo yang juga absen di beberapa kali latihan karena demam, kali ini sudah bergabung dengan rekan-rekannya. “Kami tak bisa paksakan mereka bermain kalau dari tim dokter belum mengizinkan,” imbuh Indra.

Terkait dengan dua lawan uji coba yakni Timnas Yaman dan Lebanon, Indra mengaku akan menggunakan rangkaian latih tanding itu untuk melihat peningkatan yang dialami para pemainnya. Apalagi usai uji coba terakhir dengan Myanmar beberapa waktu lalu, diakuinya, banyak yang masih harus dibenahi Evan Dimas cs.

“Uji coba itu kan bagian dari persiapan tim. Tahapan ketika pemain belajar dari latihan-latihan yang sudah diberikan. Dari uji coba terakhir jelas harus diperbaiki mental anak-anak yang gampang tersulut emosinya, finishing juga masih bermasalah,” papar mantan juru taktik PSP Padang tersebut.

Dia pun tidak mempedulikan rekor kemenangan yang kerap diraih anak asuhnya kala bertemu dengan tim-tim dari Timur Tengah. Sebab, pemilihan calon lawan uji coba yang dilakukan BTN (Badan Tim Nasional) juga berdasarkan rekomendasi dari tim pelatih.

“Siapa pun lawan uji coba kami tak mempermasalahkan. Kami memang meminta lawan yang selevel, lawan yang lebih bagus atau lawan yang lebih ringan. Apalagi pemilihan lawan-lawan ini karena mereka juga menjadi peserta Piala Asia U-19 di Myanmar nanti,” tandas Indra.[suaramerdeka]