Tuesday, May 13, 2014

Aji Santoso: 5 Pemain Timnas U-23 Akan Mudah Beradaptasi di Tim

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas -  Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso yakin lima pemain yang tidak mengikuti pemusatan latihan (training centre) tahap III di Yogyakarta bakal langsung beradaptasi dengan rekan-rekan setim lainnya.

Lima pemain yang tidak ikut TC adalah, 4 di antaranya adalah pemain Persija. Yaitu Andritany Ardhiyasa (kiper), Dani Saputra (bek kiri), Ramdani Lestaluhu (gelandang) dan Syahrizal (bek). Sedangkan satu pemain lainnya adalah Manahati Lestussen (Persebaya Surabaya)

Sebelum bertolak ke Jakarta dari Yogyakarta, Selasa 13 Mei 2014, Aji Santoso mengatakan, 5 pemain ini baru akan langsung bergabung di pemusatan latihan di Jakarta. "Tapi Saya optimis mereka tidak akan kesulitan beradaptasi dengan tim," kata Aji.

Keyakinan Aji Santoso bukan tanpa alasan. Sebab lima pemrain tersebut sebelumnya telah bergabung dalam pemusatan pelatihan tahap I dan II. "Saya optimis mereka mudah beradabtasi dengan pemain lain," katanya.

Terkait dengan penampilan sejumlah pemain yang baru pertama kali dipanggil TC, diakui Aji ada peningkatan. Pemain seperti Rizky Dwi Ramadhana, Eki Taufik dan Lerby Elyandri tampil bagus saat Timnas U-23 menang 6-0 atas tim Pra PON Sulsel, dua hari lalu. 

Bahkan Rizky Dwi dan Eki Taufik turut menyumbangkan gol untuk Timnas U-23. "Saya memang selalu tekankan ke pemain harus secepat mungkin beradapatasi dan ini dijalankan dengan pemain," jelasnya.

Lebih lanjut, Aji menyatakan ada evaluasi pasca melawan Pra PON Sulsel, bahwa anak asuhnya harus bisa meningkatkan tempo permainan yang tinggi. "Karena Republik Dominika punya kualitas lebih bagus. Tapi setidaknya kami sudah pemanasan lebih dahulu." [viva]