Thursday, May 8, 2014

7 Fakta Menarik Usai Evan Dimas Dkk Kalah Atas Myanmar

Evan Dimas Darmono (kiri) (Antara)
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 telah merampungkan paket uji coba melawan tuan rumah Piala Asia U-19, Myanmar. Dari dua laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Garuda Jaya tak sekalipun menang. 

Di laga pertama, yang digelar Senin, 5 Mei 2014, pasukan Indra Sjafri, hanya mampu bermain imbang 1-1 setelah sempat unggul lewat gol Muchlis Hadi Ning pada menit ke-4. Myanmar membalas empat menit kemudian lewat Aung Thu. 

Dua hari kemudian, Indonesia U-19 tampil dengan komposisi yang berbeda. Sejumlah pemain yang menjadi starter di laga pertama justru menempati bangku cadangan. Dalam duel ini, Indonesia U-19 harus menyerah dengan skor 1-2. 

Seperti halnya laga uji coba jilid I, Indonesia sempat unggul lewat gol Putu Gede Juni Antara pada injury time babak pertama. Namun tim tamu membalas lewat  gol yang disarangkan oleh  Maung Soe dan penalti Nanda Kyaw di penghujung laga. 

Hasil ini menyisakan beberapa catatan menarik seputar perjalanan Timnas U-19. Berikut ini adalah 7 di antaranya: 

1. Myanmar U-19 merupakan peserta Piala Asia U-19 yang telah dijajal Garuda Jaya. Sebelumnya, Timnas U-19 beruji coba melawan tim segrup, Uni Emirat Arab (UEA) dan penghuni Grup D, Oman. Masing-masing negara dihadapi sebanyak dua kali. 

2. Kekalahan atas Myanmar U-19, merupakan kekalahan kedua yang dialami Timnas U-19 selama menjalani uji coba sejak Tur Nusantara. Sebelumnya, Garuuda Jaya juga kalah tipis 1-2 saat beruji coba dengan Oman dalam Tur Timur Tengah. 

3. Sejak tur Timur Tengah, Indonesia U-19 selalu kebobolan. Dari tujuh pertandingan terakhir, gawang Garuda Jaya sudah jebol 10 gol. 

4. Myanmar U-19 merupakan tim kelima yang mampu menjebol gawang Indonesia U-19 sebanyak dua kali. Sebelumnya, tim Pra PON Yogyakarta, Persebaya U-21, Al Shabab Al Rabi U-19, dan Oman telah lebih dulu melakukannya. 

5. Sejak Tur Nusantara, Timnas U-19 telah mengemas 36 gol dari 20 laga.Evan Dimas masih menjadi top scorer Timnas U-19 sejak Tur Nusantara dengan koleksi 7 gol. Sedangkan Ilham Udin Armayin menjadi striker tersubur Jaya dengan 6 gol.  

6. Myanmar U-19 menjadi tim pertama yang mampu membalik kedudukan setelah sempat tertinggal dari Timnas U-19. [viva]