Thursday, April 3, 2014

Usai Tur Spanyol, Timnas Bakal Tantang Panama

Foto - VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
Seputar Timnas - Indonesia akan berhadapan dengan Panama dalam sebuah laga uji coba yang digelar pada 15 Mei 2014. Duel ini digelar di masa libur kompetisi. 

Kompetisi di Indonesia pada musim ini memang diselingi dengan beberapa kali masa rehat menyambut agenda politik pemilihan umum (pemilu) legislatif dan presiden. Agar waktu tidak terbuang percuma, PSSI pun mengagendakan sejumlah uji coba bagi skuad Timnas yang akan bertarung di Piala AFF 2014. 

Baru-baru ini, Timnas senior menjalani tur ke Spanyol. Di Negeri Matador tersebut, pasukan Alfred Riedl menjalani tiga kali uji coba. Pada ujian pertama yang digelar 27 Maret 2014, Tim Merah Putih berhasil mengalahkan Andorra dengan skor 1-0. 

Tiga hari berikutnya, Firman Utina bertemu Kuba. Sayangnya, dalam duel ini, timnas kalah dengan skor 0-1. Di laga terakhir, 2 April 2014, Timnas kembali menang tipis 1-0 atas Villarreal B.

"Program uji coba sudah kami siapkan. Kemungkinan, 15 Mei, Timnas akan menghadapi Panama," kata Sekjen PSSI, Joko Driyono, Kamis, 3 April 2014. 

"Ini sesuai dengan program untuk memberikan uji coba yang cukup bagi Timnas,'' sambung pria Joko. 

Panama memang berbeda dengan tiga lawan terakhir timnas Indonesia. Saat ini, Panama menempati urutan ke-26 atau terpaut 125 tingkat dari Indonesia di peringkat FIFA. 

"Timnas juga harus mencicipi lawan-lawan yang kuat agar terbiasa. Mereka juga harus bertemu lawan-lawan yang berbeda dari negara-negara di ASEAN," ucap Joko. 

Joko menambahkan, pasukan Alfred Riedl juga kembali dijadwalkan berlatih di luar negeri selama libur kompetisi menyambut Ramadhan, 11 Juni-5 Agustus nanti.

"Yang pasti saat bulan puasa, Timnas akan melakukan pemusatan latihan lagi di luar negeri. Siapa lawannya, nanti akan kami umumkan," bebernya.[viva]