Saturday, April 5, 2014

Untuk Biayai Timnas, PSSI Butuh Dana 80 Miliar

Djoko Driyono - Sportsatu
Seputar Timnas - PSSI setidaknya harus mengeluarkan dana mencapai 80 miliar rupiah untuk membiayai kebutuhan dan kegiatan Timnas Indonesia di tiga jenjang usia, yakni Timnas Indonesia senior, Timnas U23, dan Timnas U19. Hal itu dikatakan oleh Sekjen PSSI yang juga CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.

“Hitungan kami, total kebutuhan biayanya itu sekitar Rp70-80 miliar. Dari semua kebutuhan tersebut, sejauh ini sudah dikeluarkan sebanyak 30 persennya. Urutan pengeluaran paling besar adalah untuk biaya Timnas U19, timnas senior, dan Timnas U23,” kata Joko Driyono di Jakarta belum lama ini.

“Rinciannya, Timnas U19 sekitar Rp30 miliar karena aktivitas di luar negeri. Bahkan pada bulan Agustus 2014, akan ke Spanyol dan September ke Vietnam. Sedangkan Timnas U23, memerlukan Rp15-20 miliar untuk Asian Games 2014,” lanjutnya.

Joko Driyono melanjutkan, PSSI memang harus mengeluarkan biaya sendiri untuk Timnas Indonesia U23 yang akan mengikuti Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Pasalnya, cabang sepakbola bukanlah cabang yang difavoritkan untuk meriah medali di pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut.

“Bahkan, kami juga harus membiayai sendiri Timnas U23 yang berlaga di Asian Games 2014. Itu setelah tidak adanya bantuan dana dari pemerintah lantaran menilai cabang olahraga sepakbola tidak diperhitungkan untuk meraih medali emas di ajang tersebut. Tapi, itu tidak menjadi masalah karena kami dan Badan Tim Nasional (BTN) sudah berkomitmen,” papar Joko Driyono.[sidomi]