Monday, April 14, 2014

Timnas U-23 Pantau hingga Sepuluh Muka Baru

Aji-Santoso- IST
Seputar Timnas - Timnas U-23 memang baru melakoni pemusatan latihan gelombang ketiga pada Mei mendatang. Namun, pelatih Aji Santoso memastikan, di timnya nanti bakal ada 30-40 persen pemain baru yang dipanggil.

Keputusan itu diambil setelah pihaknya melakukan evaluasi dari pemusatan gelombang kedua yang berakhir 3 April lalu. Dari 23 nama yang ada, Aji memastikan bahwa ada pemain yang akan kembali dipanggil dan tidak karena kualitasnya belum sesuai standar.

Untuk itu, dia akan langsung melakukan pemantauan kembali mulai 15 April mendatang, seiring bergulirnya Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama.

"Ada sekitar delapan sampai sepuluh pemain baru yang akan kami pantau," katanya, Sabtu (12/4).

Tapi, bukan berarti pemain yang dinilai layak dipanggil kembali juga tak dipantau. Performa pemain tersebut, menurut pelatih asal Malang itu bisa saja menurun di level klub. Karena itu, dia berharap pemain tidak cepat puas.

"Semua pemain berpeluang terlempar dari tim atau dipanggil kembali. Jadi jangan puas dulu. Kami tidak diam, akan terus dipantau," tegas pendiri akademi sepak bola Asifa tersebut.

Tim proyeksi Asian Games Korsel 2014 tersebut ingin mencari tambahan pemain secara merata. Di setiap posisi, mulai penjaga gawang sampai lini depan menurutnya masih perlu dicari yang kualitasnya lebih baik lagi.

Sampai kapan pemain terus berganti? Aji membatasi sampai pertemuan gelombang kelima pada Juli mendatang, 90 persen kerangka tim sudah terbentuk. Dia tak ingin terus melakukan bongkar pasang pemain, sehingga kurang memiliki waktu yang cukup dalam membangun persiapan tim utama.

Pelatih 43 tahun itu menuturkan bahwa di timnya saat ini, stok yang melimpah adalah di sektor gelandang. Sementara, untuk sektor lainnya, dia masih terus mencari. Karena itu, Aji berharap tim-tim kompetisi Divisi Utama yang bergulir mulai 15 April nanti, memberikan kesempatan lebih terhadap pemain mudanya.

"Semakin banyak tim yang memainkan pemain mudanya, tentu itu bagus untuk Timnas," tegas dia.

Meski masih terus melakukan seleksi, saat ini Aji mengaku sudah memiliki gambaran tentang timnya ke depan. Karena itu, pada gelombang ketiga nanti, dia hanya akan memanggil 23 pemain, karena ini bagian dari pengerucutan tim. Sayang, meski sudah memiliki nama pemain yang akan dipantau, dia belum mengumumkannya sampai pemanggilan pemain untuk seleksi nanti.

"Dipantau belum tentu dipanggil, kalau oke, ya ikut (pemusatan latihan gelombang tiga). Kalau tidak, ya tidak dipanggil. Karena itu pengumumannya kalau sudah 23 nama dipanggil saja," tandasnya.(Jawapos)