Tuesday, April 22, 2014

Timnas U-19 Libur 6 Hari, Indra Sjafri Fokus Perbaiki Kelemahan

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Sepulang dari tur Timur Tengah, skuad Timnas Indonesia U-19 mendapat jatah libur selama enam hari. Libur itu juga akan dimanfaatkan sejumlah pemain Garuda Jaya untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) susulan di sekolah mereka masing-masing.

Evan Dimas dan kawan-kawan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada Minggu siang WIB 20 April 2014. Setelah itu, skuad Timnas U-19 pulang ke rumah masing-masing, termasuk pelatih Indra Sjafri. 

“Indra (Sjafri) memutuskan memberi cuti TC kepada anak asuhnya untuk pulang ke rumah masing-masing selama enam hari sekaligus mengikuti Ujian Nasional susulan,” kata Sekretaris Badan Tim Nasional, Sefdin Syaifudin dalam pesan singkatnya, Senin 21 April 2014.  

Sementara itu, Indra Sjafri sendiri mengakui ada peningkatan kualitas anak-anak asuhannya usai menjalani tur Timur Tengah. Garuda Jaya mendapat pelajaran berharga dari lawan-lawan mereka, Oman U-19, UEA (Uni Emirat Arab) U-19, dan klub UEA, Al-Shababb U-19. 

Menurut Indra, timnya benar-benar mendapatkan karakter lawan-lawan yang berbeda dari laga-laga uji coba sebelumnya. Pelatih asal Sumatera Barat ini juga menilai, beberapa pemain terlihat sangat berkembang dalam Tur Timur Tengah. 

“Dalam konteks uji coba, ini sangat bagus untuk pembelajaran pemain. Dan kami melihat secara umum para pemain mengalami peningkatan kualitas,” ujar Indra dalam rilis yang diterima wartawan. 

Namun, Indra mengakui, selama Tur Timur tengah, sejumlah kelemahan masih menjadi catatan tim pelatih. Dia mengungkapkan, tim pelatih akan fokus melakukan pembenahan pada sektor-sektor yang menjadi kelemahan Garuda Jaya.  

"Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus tim pelatih. Salah satunya antisipasi bola crossing dan efektivitas bermain. Insya Allah pada akhir tahap spesifik preparation Agustus nanti, semua kelemahan sudah bisa kami minimalisir," terang pelatih berusia 51 tahun ini. [viva]