Thursday, April 3, 2014

Tertinggal Lebih Dulu, Timnas U-23 Tundukkan Singapura

Timnas U-23 - Antara
Seputar Timnas - Kemenangan berhasil diraih Tim Nasional Indonesia U-23 dalam lawatannya ke markas Singapura dalam uji coba jelang Asian Games 2014. Sempat tertinggal di babak pertama, skuad Aji Santoso ini berhasil bhangkit dan meredam perlawanan tuan rumah dengan skor 2-1.

Laga baru berjalan delapan menit, Indonesia sudah mendapat malapetaka. Ketika Syaifudin mengalami cedera dan digantikan oleh Achmad Hisyam.

Meski bermain di kandang lawan, Garuda Muda tetap menjalankan serangan ke jantung pertahanan Singapura. Salah satunya melalui peluang Aldair Makatindu, namun upayanya masih terbang di sisi gawang Singapura.

Singapura mendapatkan peluang dengan mengirimkan umpan lambung yang sempat membahayakan pertahanan Timnas, untungnya upaya tersebut masih bisa dihalau Alfin Tualasamony.

Menit ke-36 tuan rumah akhirnya benar-benar unggul atas Indonesia, saat Shafiq Ghani mampu menyelesaikan dengan baik tendangan bebas yang dieksekusinya. Kiper Teguh Amirudin yang mengawal gawang Timnas, tak berhasil menjangkau bola. Singapura memimpin 1-0 hingga turun minum.

Memasuki interval kedua, Singapura yang telah unggul 1-0 sempat memberikan serangan cepat ke lini pertahanan Indonesia, namun kali ini upayanya masih diredam benteng Garuda Muda.

Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-47. Syakir Sulaiman yang berhasil meloloskan diri melakukan manuver ke kotak penalti Singapura, sayang finishingnya masih digagalkan oleh kiper Singapura, Syazwan Buhari.

Upaya Garuda Muda mengejar ketertinggalan membuahkan hasil pada menit ke-57. Berawal dari umpan Syakir Sulaiman, Ramdani Lestaluhu yang masuk di babak kedua ini berhasil memanfaatkan umpan tersebut dengan menjebol gawang Buhari. Indonesia 1, Singapura 1.

Lepas menit ke-70 Indonesia mulai mengurung pertahanan Singapura sambil menciptakan beberapa peluang. Salah satunya melalui peluang yang datang untuk Aldair, namun sayang kiper Singapura langsung keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola.

Saking tertekannya dengan permainan Indonesia, lini pertahanan Singapura melakukan blunder dan itu berhasil dimanfaatkan oleh Dedi Kusnandar untuk menjebol gawang Singapura. Garuda Muda pun berbalik unggul 2-1 atas tuan rumah pada menit ke-78.

Meski saling serang, namun kedua tim tak mampu membuat gol lagi dan akhirnya Garuda Muda berhasil mengukir kemenangan di Negeri Singa ini dengan skor 2-1.[okezone]

Susunan pemain:
Singapura U-23: Syazwan Buhari, Shakir Hamzah, Ali Hudzaifi, Hadi Othman, Al Qaasimy Rahman, Faris Ramli, Anumanthan Kumar, Muhaymin Salim, Ammirul Emmran, Shahfiq Ghani, Amy Recha

Indonesia U-23: Teguh Amirudin, M. Zaenuri, M. Syaifudin (Achmad Hisyam 8′), Rasyid Bakri, Dany Saputra, Alfin Tuasalamony, Fandy Eko, Syakir Sulaiman, Dedi Kusnandar, Novri Setiawan, Aldair Makatindu.