Thursday, April 24, 2014

Sulsel Siapkan Stadion Alternatif TC Timnas U-23

Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Selatan menyiapkan stadion alternatif jika Stadion Gelora Andi Mattalatta Manttoanging dinilai tidak layak menjadi tempat pelaksanaan TC Timnas U-23.

Ketua Umum PSSI Sulsel Danny Irawan di Makassar, Rabu, mengatakan lokasi alternatif itu yakni Stadion La Patau yang terletak di Kabupaten Bone.

"Kami khawatir Stadion Mattoanging dinilai tidak layak dan justru membuat agenda TC terganggu. Pada proses verifikasi ISL lalu saja sudah dinyatakan tidak lolos, apalagi sekarang yang memang tidak mengalami perawatan ," katanya.

Terkait penunjukan Stadion La Patau karena dinilai telah memiliki kelengkapan kamar ganti dan kamar mandi pemain. Stadion ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan usiran PSM Makassar, saat melawan Persijap Jepara dan Persela Lamongan pada Kompetisi ISL musim 2010.

Selain itu, di stadion berkapasitas 15.000 penonotn ini juga sempat diselenggarakan tiga pertandingan babak delapan besar Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010.

Menurut dia, tim yang dibentuk PSSI Sulsel pada awalnya sudah meninjau empat stadioan masing-masing Stadion La Patau, Stadion Gelora Mandiri Parpare, Stadion Mini Bulukumba, serta Stadion Mini Kabupaten Bantaeng.

Namun dari hasil peninjaun ternyata hanya Stadion La Patau yang dianggap layak. Kondisi itu yang membuat PSSI Sulsel memasukkannya sebagai salah satu alternatif.

"Untuk masalah rumput juga sudah cukup mendukung. Namun soal stadion manakah yang akhirnya diputuskan sebagai lokasi TC Timnas, kita tentu serahkan sepenuhnya kepada tim BTN yang segera turun meninjau," jelasnya.

PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) telah memutuskan pelaksanan pemusatan latihan (TC) tahap ketiga timnas jelang Asian Games 2014 akan dilaksanakan di Makassar. Namun sebelum itu, pihak BTN terlebih dahulu akan melakukan peninjauan kelayakan Stadion Mattoanging.

Untuk agenda TC di Makassar, direncanakan dimulai 6 hingga 16 Mei 2014. Selama di Makassar, timnas dijadwalkan melakukan dua laga ujicoba masing-masing menghadapi PSM Makassar dan tim seleksi PraPON Sulsel pada periode 12 dan 16 Mei 2014.[antara]