Monday, April 28, 2014

Rield Hanya Sisakan Satu Pemain Timnas U-23

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Pada pemusatan latihan tahap kedua timnas senior lalu Alfred Riedl mengusung beberapa pemain dari timnas U-23. Namun, dalam pemusatan latihan tahap ketiga yang dimulai pada 7 Mei mendatang, kondisinya bakal berbeda.

Riedl mengembalikan pemain yang berusia di bawah 23 tahun ke pemusatan latihan untuk Asian Games 2014.

Dalam pemusatan latihan tahap kedua lalu, setidaknya ada empat orang pemain yang notebene merupakan penggawa timnas U-23. Seperti penjaga gawang Andritany Ardhyasa, duo pemain di lini pertahanan Manahati Lestusen dan Diego Muhammad, plus dua motor lapangan tengah Bayu Gatra Sanggiawan dan Rizky Pellu.

Kepastian tersebut diungkapkan asisten pelatih timnas senior, Widodo Cahyono Putro. Menurut Widodo, keputusan mengembalikan pemain jebolan SEA Games 2013 lalu itu kesepakatan dari semua pihak. Bukan hanya keinginan Riedl ataupun permintaan dari pelatih timnas U-23, Aji Santoso saja.

"Coach Alfred (Riedl) sudah mengatakan bahwa untuk sementara ini dia mempersilahkan pemain U-23 kembali ke pemusatan latihan Asian Games. Langkah ini sudah kami kordinasikan dengan Badan Tim Nasional (BTN, Red), dan dari pihak BTN pun mengijinkannya," ujarnya, kemarin (27/4).

Hanya, Widodo menyebutkan tidak semua dari empat pemain tersebut yang akan dilepaskan ke timnas U-23. Dari empat pemain, hanya satu yang diminta Riedl tetap bertahan dalam skuad timnas senior saat pemusatan latihan tahap ketiga nanti. Hanya, dia enggan mengungkapkan siapa pemain U-23 yang tetap bertahan.

Skala prioritas menjadi alasan mengapa Riedl melepaskan pemain berusia muda tersebut di saat masa pembentukan komposisi pemain di timnas Merah Putih untuk Piala AFF 20014 masih berjalan. Piala AFF 2014 baru dilangsungkan menjelang akhir tahun, mulai dari 22 Nopember-20 Desember.

Sementara, Asian Games 2014 digelar lebih dulu ketimbang Piala AFF 2014. Asian Games 2014 berlangsung mulai 19 September hingga 4 Oktober. Atau terpaut sebulan lebih dari Piala AFF 2014.

"Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyatu dengan timnas U-23 lebih dulu," ungkapnya. Selain tanpa pemain U-23, pemusatan latihan nanti juga tidak menyertakan pemain Persipura Jayapura dan Arema Cronous yang masih tampil di babak 16 Besar Piala AFC.

Dikonfirmasi secara terpisah, Aji membenarkan bahwa nantinya timnya mendapatkan tambahan dari beberapa pemain timnas senior. Keempat pemain yang akan "dipulangkan" ke timnas U-23 itu sebelumnya sudah berkolaborasi bersama Aji pada saat SEA Games lalu. Ketika itu, Aji ada di kursi asisten pelatih Rahmad Darmawan.

Walaupun secara pengalaman pernah memperkuat timnas senior dan pernah bersama dengannya di timnas U-23 sebelumnya, Aji menganggap persaingan merebut jatah kursi pemain timnas di Asian Games 2014 masih terbuka.

"Mereka akan tetap kami lihat bagaimana perkembangannya, kalau tidak lebih baik dari pemain lainnya, ya bisa saja mereka tidak berlanjut," tegas Aji.

Dari pihak BTN sendiri sampai sekarang masih belum bersedia memberi pernyataan resminya terkait dengan keputusan ini. "Ditunggu saja sampai semua nama bisa kami rilis. Besok (hari ini, Red) kalau tidak ada perubahan komposisi pemain untuk pemusatan latihan timnas senior akan kami umumkan," tandasnya.[jawapos]