Friday, April 25, 2014

Riedl Ogah Timnas Jajal Negara Sembarangan

Pikal Dn Rield - VIVA
Seputar Timnas - Timnas senior masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan dirinya sebelum turun dalam ajang Piala AFF 2014, 22 Nopember-20 Desember mendatang. Bulan depan pun skuad asuhan Alfred Riedl tersebut bakal kembali diberikan sederet agenda pertandingan uji coba internasional.

Pada saat jeda kompetisi Indonesia Super League (ISL) pada 5-16 Mei mendatang, timnas senior akan menjalani pemusatan latihan tahap ketiga sekaligus pertandingan uji coba.

Sejauh ini, pihak Badan Tim Nasional (BTN) baru memastikan ASEAN All Stars dan timnas Republik Dominika yang menjadi lawan bagi timnas senior.

Bukan sekedar tim yang akan menjadi lawan bagi timnas senior sepanjang masa persiapannya nanti. Riedl punya kualifikasi sendiri untuk menentukan calon lawannya.

"Yang pasti coach Riedl menginginkan lawan harus berada di atas kami peringkat FIFA-nya. Peringkat lebih baik, permainan pun pasti juga lebih baik," ujar asisten pelatih timnas senior, Widodo Cahyono Putro, kemarin (24/4).

Sejauh ini, lawan-lawan yang diberikan kepada para calon penggawa Merah Putih hampir semua punya peringkat FIFA lebih baik. Hanya Andorra yang ditumbangkan Indonesia pada friendly match di Valencia, 26 Maret lalu berperingkat di bawah Indonesia. Berdasarkan update FIFA pada 10 April lalu, Andorra di peringkat 199, Indonesia di 151.

Sedangkan Kuba yang pernah mengalahkan Indonesia lalu itu berperingkat 90. Untuk Republik Dominika yang akan menjadi calon lawan berikutnya timnas senior bulan depan berada di posisi 126 FIFA.

"Ini menjadi kesempatan kami untuk mengukur sejauh mana peningkatan di dalam tim ini," sebutnya.

Widodo menyebut untuk masa persiapan kali ini jajaran pelatih belum terfokus untuk mencari calon lawan berdasarkan karakter permainannya. Alasannya, posisi timnas senior masih berada di dalam proses pembentukan. Dengan bongkar pasang komposisi pemain ini, terlalu riskan jika harus dipaksakan pembentukan karakter.

Pemilihan lawan sesuai karakter permainan itu baru bisa dilakukan ketika sudah memasuki pada persiapan khusus menuju kompetisi Agustus nanti. "Dengan posisi seperti itu kan tim ini sudah punya gambaran bagaimana karakternya. Tidak menutup kemungkinan akan menjajal sesama tim dari Asia," imbuhnya.

Selain melawan Republik Dominika, seperti rencana sebelumnya Indonesia juga akan melawan dua negara zona CONCACAF lainnya, Puerto Rico dan Panama. Posisi Puerto Rico tidak jauh dari Indonesia, 147. Lalu, Panama bahkan punya peringkat FIFA lebih jauh dari lawan-lawan Indonesia sejauh ini, 35 peringkat FIFA.

Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin menyatakan bahwa kedua negara yang belum memberikan konfirmasi tetap ditunggu kesediaannya melawan Indonesia.

"Dan untuk posisi itu, federasi dari kedua negara, Indonesia dalam hal ini PSSI terus melakukan komunikasi dengan federasi negara Panama ataupun Puerto Rico," tandasnya.[jawapos]