Monday, April 28, 2014

Ranking FIFA Jadi Patokan Timnas

Widodo C Putro - IST
Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) senior masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum turun dalam Piala AFF 2014 yang berlangsung pada 22 November-20 Desember mendatang. Karena itu, bulan depan pun skuat asuhan Alfred Riedl itu kembali menjalani sederet agenda uji coba internasional.

Agenda uji coba itu merupakan bagian dari pemusatan latihan tahap ketiga yang bakal berlangsung saat jeda kompetisi Indonesia Super League (ISL) pada 5-16 Mei mendatang. Tentang lawan yang akan dihadapi, Badan Tim Nasional (BTN) sejauh ini baru memastikan ASEAN All Stars dan timnas Republik Dominika.

“Yang pasti, Coach Riedl menginginkan lawan harus berada di atas kami dalam hal peringkat FIFA. Peringkat lebih baik, permainan pun pasti juga lebih baik,” ujar Widodo Cahyono Putro, asisten pelatih timnas senior.

Sejauh ini, hampir semua lawan uji coba yang dihadapi para calon penggawa Merah Putih punya peringkat FIFA yang lebih baik. Hanya Andorra yang ditumbangkan Indonesia pada friendly match di Valencia 26 Maret lalu yang berperingkat di bawah Indonesia. Andorra berada di peringkat ke-199, sedangkan Indonesia menempati ranking ke-151.

Adapun Kuba yang mengalahkan Indonesia berada di peringkat ke-90. Sementara itu, Republik Dominika yang menjadi calon lawan berikutnya berada di posisi ke-126 FIFA. “Ini menjadi kesempatan kami untuk mengukur sejauh mana peningkatan di dalam tim ini,” sebutnya.[jawapos]