Tuesday, April 15, 2014

Pelatnas Tahap Ketiga, Timnas U-23 Pantau Wajah Baru

Foto: Antara
Seputar Timnas - Timnas U-23 Indonesia dijadwalkan menggelar pelatihan nasional (pelatnas) tahap ketiga pada Mei mendatang. Pada tahap ketiga nanti, dipastikan ada 30-40 persen pemain baru yang dipanggil.

Pelatih kepala timnas U-23, Aji Santoso, menyatakan, akan ada pemain yang dicoret pada pelatnas tahap ketiga nanti. Dari 23 pemain yang dipanggil pada pelatnas tahap kedua sebelumnya, Aji memastikan ada pemain-pemain yang dicoret karena dinilai kualitasnya belum sesuai standar.

Aji sendiri menjelaskan, jika tim kepelatihan timnas U-23 kembali berencana melakukan pemantauan pemain mulai hari ini, (15/4). Dimana pemantauan sendiri, berjalan setelah kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 sudah kembali bergulir. Tidak hanya ISL, diwaktu tersebut kompetisi Divisi Utama (DU) dipastikan bergulir.

"Ada sekitar delapan sampai 10 pemain baru yang akan kami pantau. Dipantau belum tentu dipanggil. Kalau oke, ya ikut (pelatnas tahap tiga). Kalau tidak, ya tidak dipanggil," ungkap Aji.

"Tapi saya pastikan jika semua pemain berpeluang terlempar dari tim, atau dipanggil kembali. Tapi jangan puas dulu. Karena tim pelatih tidak akan diam dan pasti terus memantau bagaimana performa pemain," lanjut mantan punggawa timnas Indonesia pada era 1990-an tersebut.

Sebelumnya, dua tahapan pelatnas telah dilewati timnas Garuda Muda. Dari dua tahapan itu pula, sudah banyak pemain yang keluar masuk sekaligus tercatat ada empat laga uji coba yang telah dilakoni. Dan dari semua laga uji coba, timnas U-23 berhasil meraih tiga kemenangan dan sekali imbang.

Kemenangan pertama diraih saat menundukan Malaysia U-21, tiga gol tanpas balas, (5/3). Dilanjut ditahan imbang, 2-2, Persis Solo, (25/3). Jalur kemenangan kembali didapat saat menundukan Sri Lanka U-21, 5-0. Terakhir unggul, 2-1, saat timnas Garuda Muda dijamu Singapura U-23, 2 April lalu.[okezone]