Sunday, April 13, 2014

Kurniawan: Harapan Sepak Bola Indonesia Ada di Timnas U-19

Kurniawan Dwi Julianto - IST
Seputar Timnas - Legenda hidup sepak bola Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan sepak bola Indonesia masih bisa bersuara di kancah internasional.

Hal tersebut disampaikan pemain yang akrab dipanggil Si Kurus di sela-sela acara launching program Brazil 11 winners yang diadakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu pagi (13/4/2014).

Melihat perkembangan timnas saat ini, Kurniawan sangat mengapresiasi performa timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Indra Sjafrie. Dengan persiapan yang matang serta penambahan jam terbang, diharapkan tim Garuda Muda bisa berbicara banyak di kawasan Asia maupun internasional.

"Ya saat ini saya melihat timnas U-19 bisa menjadi harapan warga Indonesia. Mungkin dengan bertambahnya pengalaman mereka di event yang diikuti bisa menjadikan mereka tim yang solid dan bagus," jelas Kurniawan kepada wartawan.

Keberhasilan timnas U-19 menggondol Piala AFF U-19 tahun lalu menjadi bukti Indonesia memiliki bibit pemain dan tim potensial untuk berlaga di ajang yang lebih prestis. Akan tetapi, mantan pemain Persija itu mengatakan, jangan memberikan harapan berlebih pada skuad U-19.

Menurutnya, Evan Dimas dkk hanya memerlukan dukungan penuh dari segenap warga Indonesia.

"Walau mereka (Timnas U-19) pernah memberikan gelar juara, namun tak baik jika menumpahkan ekspektasi berlebih karena hanya akan jadi tekanan berat bagi mereka," ia memungkasi.

Timnas U-19 saat ini tengah menjalani rangkaian tur ujicoba di Timur Tengah. Usai dua kali berhadapan dengan Timnas U-19 Oman, skuad Garuda Muda yang kini telah tiba di Uni Emirat Arab akan menjajal Timnas UEA U-19 dan klub Al-Shabab.[inilah]