Wednesday, April 30, 2014

Ini Alasan Indra Sjafri Ngotot Pakai Formasi 4-3-3

Timnas U-19 berlatih - Antara
Seputar Timnas -  Timnas Indonesia U-19 selama ini identik dengan formasi 4-3-3. Dan formasi itu seperti harga mati bagi Evan Dimas dan kawan kawan. Pelatih Indra Sjafri mengakui, timnya tak punya alternatif formasi lain. 

Menurutnya, formasi 4-3-3 menjadi senjata utama. Namun, Indra punya alasan untuk hal ini. Dia menilai pemain Timnas U-19 masih belum paham dengan formasi 4-3-3. "Garuda Muda" belum hafal betul dengan formasi ini. 

Untuk itu, dia tak mau berspekulasi menerapkan formasi lain. "Ini aja belum hafal, kenapa harus mencoba yang lain," jelas Indra ketika ditemui seusai latihan di SPH Karawaci.

"Kan selama ini kebanyakan seperti itu, melihat 4-3-3 gagal mencoba taktik 4-4-2. Itu yang tidak boleh. Saya tak mau 'memakai' baju orang lain untuk pakaian kami," lanjutnya.

Pelatih asal Padang itu menambahkan, hal yang paling mendasar dalam sepakbola adalah saling mendukung. Jika seorang pemain tengah menguasai bola, maka harus ada dua pemain atau lebih yang memberikan dukungan. 

"Supaya orang yang pegang bola, enak mau kasih ke mana," jelasnya.

Hal inilah yang selalu diterapkan oleh Indra di tiap latihan Timnas U-19. Tak hanya itu, dia juga menekankan pasukannya untuk selalu saling membantu di setiap pertandingan.[viva]