Tuesday, April 29, 2014

Evan Dimas Dkk Fokus Benahi Taktik dan Penguasaan Bola

Timnas U-19 berlatih di Tangerang - Tribun
Seputar Timnas - Pemusatan Latihan (TC) Timnas U-19 pasca Tur Timur Tengah sudah memasuki hari kedua. Kali ini, latihan yang dipimpin oleh pelatih kepala, Indra Sjafri, memilih lebih fokus kepada taktik dan penguasaan bola yang lebih efektif. 

Sejak kemarin, Timnas U-19 sudah berlatih di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Ini merupakan rangkaian persiapan Garuda Jaya sebelum tampil di Piala Asia U-19 yang akan digelar di Myanmar, Oktober mendatang. 

Latihan pagi tadi, diawali dengan game kecil, seperti permainan futsal. Permainan ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama semuanya dimainkan oleh para gelandang. Lalu, para bek, dan akhirnya striker. 

Indra menjelaskan, porsi ini ditentukan oleh evaluasi tim pada latihan atau laga sebelumnya. Mantan pelatih PSP Padang tersebut menilai, kelemahan yang dimiliki timnya saat ini adalah kurang bermain dengan efektif.

"Selama ini, penguasaan bola kami bagus, tapi tingkat kesalahan tinggi. Itu yang mengakibatkan kami kadang-kadang kurang efektif. Kami perlu menguasai bola, tapi penguasaan bola yang konstruktif, yang efektif," jelas Indra seusai latihan di SPH Karawaci, Selasa 29 April 2014.

"Masyarakat mengatakan kalau penguasaan bola saja tak cukup, saya sependapat dengan itu. Penguasaan bola memang tidak cukup, tapi harus lebih efektif. Itulah yang coba kami perbaiki pada hari ini," beber Indra. 

Latihan hari kedua diikuti oleh 32 pemain. Sebagian besar merupakan pemain-pemain yang ikut dalam Tur Timur Tengah beberapa waktu lalu. Pada 5 Mei mendatang, Timnas U-19 dijadwalkan akan beruji coba melawan Myanmar U-19.[viva]