Tuesday, April 8, 2014

Evaluasi Timnas Usai Tur Spanyol Tunggu Kepulangan Riedl

Timnas Senior - LIGA
Seputar Timnas - Timnas Indonesia yang akan dipersiapkan ke Piala AFF 2014 baru saja menyelesaikan rangkaian tur ke Spanyol. Selama di Negeri Matador, timnas menjalani tiga uji coba dengan dua kali menang dan sekali seri. 

Di pertandingan perdana, Tim Merah Putih mengalahkan Andorra 1-0. Sedangkan di laga kedua, pasukan Alfred Riedl menyerah 0-1 dari Kuba. Di laga pamungkas, Firman Utina Cs kembali menang tipis 1-0 atas Villarreal B. 

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Widodo C Putro, saat dihubungi, mengaku belum melakukan evaluasi menyeluruh terhadap ketiga uji coba itu. Meski demikian, Widodo menilai, ada peningkatan terhadap penampilan timnas. 

"Sebenarnya, kami (tim pelatih timnas senior) belum melakukan evaluasi besar-besaran. Setelah uji coba terakhir melawan Villarreal B, tim pelatih hanya melakukan evaluasi kecil saja," ujar Widodo. 

"Dari tiga laga uji coba di Spanyol, saya menilai permainan anak-anak semakin matang. Jika di laga pertama banyak yang melakukan kesalahan, selanjutnya permainan mereka mulai meningkat," sambung Widodo. 

Setelah tur Spanyol, timnas senior kembali akan menggelar pemusatan latihan di tanah air, saat kompetisi kembali berhenti Mei mendatang. Sejumlah wajah baru juga akan dipanggil untuk menjalani seleksi. 

Sebaliknya, pemain-pemain yang dianggap tidak layak memperkuat timnas akan dicoret. "Pasti akan ada yang disisihkan. Kami akan panggil pemain baru untuk TC. Ini kan masih seleksi. Kami ingin mencari yang terbaik." 

"Persentase perombakan skuad masih belum ada gambaran. Semua masih menunggu Riedl kembali dari Austria. Setelahnya, tim pelatih baru akan melakukan evaluasi besar-besaran," jelas mantan striker timnas itu.[viva]