Monday, April 28, 2014

BTN: Stadion Andi Mattalatta Belum Layak, TC Timnas U-23 Pindah Ke Yogyakarta

Stadion Andi Mattalatta - LIGA
Seputar Timnas - Stadion Andi Mattalatta atau yang juga dikenal dengan nama Stadion Mattoangin, Makassar, Sulawesi Selatan dinyatakan belum layak sebagai tempat pertandingan uji coba Tim Nasional. Demikian diungkapkan Direktur High Performance Unit (HPU) Badan Tim Nasional PSSI, Demis Djamoeddin, Senin (28/4) di kantor BTN PSSI.

Penegasan itu disampaikan Demis menyusul hasil rapat tim HPU BTN setelah melakukan peninjauan langsung ke stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton yang dibangun untuk penyelenggaraan PON ke-4, tahun 1957 silam.

“Kami sudah paparkan hasil inspeksi Sabtu lalu, kepada BTN Senin siang tadi.  Keputusannya, belum layak untuk TC Timnas di bulan Mei ini,” ungkap Demis.

Dijelaskan Demis, ada dua faktor penting yang menjadi obstacle Mattoangin untuk dapat digunakan pertandingan Timnas. Pertama lampu stadion. Selain hanya memiliki 600 lux, diakui oleh pengelola stadion jika beberapa bola lampu ada yang dalam kondisi putus atau mati.

“Timnas harus main malam, karena kami ada kerjasama penayangan di televisi dengan jam tayang prime time. Kualitas lapangan juga membutuhkan perbaikan yang serius. Tidak cukup Cuma disiram. Tapi dibongkar, dipasir, dan diratakan,” urainya.

Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) sebagai pihak pengelola stadion mengaku tidak bisa meningkatkan kapasitas lampu, termasuk mengganti yang mati dalam waktu singkat. Demikian dikatakan Ketua YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta kepada Demis Djamaoeddin saat melakukan inspeksi lapangan Sabtu lalu.

“Pak Ilham butuh waktu untuk melakukan perbaikan seperti disyaratkan BTN. Tidak bisa dalam waktu singkat,” ungkap Demis seraya menambahkan bahwa BTN akhirnya memutuskan untuk tidak memenuhi undangan Asprov PSSI Sulsel agar Timnas U-23 bermain di Stadion bersejarah tersebut.

Atas hal tersebut, BTN memutuskan memilih Yogyakarta sebagai tempat TC Timnas U-23 di bulan Mei ini. Timnas besutan Aji Santoso itu akan menjalani ujicoba di Stadion Maguwohardjo Sleman atau Manahan Solo.

“Soal stadion tempat ujicoba akan segera diputuskan BTN setelah fix lawan mainnya,” tutup Demis.[ligaindonesia]