Thursday, April 24, 2014

Berikut Peta Kekuatan Lawan Timnas U-19 di Piala Asia 2014

Piala Asia U-19 - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 dipastikan lolos dari grup maut di Piala Asia 2014, Myanmar. Mereka akan tergabung di Grup B bersama Uni Emirat Arab (UEA), Uzbekistan, dan Australia. Bagaimana gambaran kekuatan tiga pesaing Timnas U-19 ini?

Dari tiga lawan yang akan dihadapi Indonesia di Piala Asia nanti, UEA adalah tim yang sudah dijajal kemampuannya dalam uji coba di Tur Timur Tengah beberapa waktu lalu.

Indonesia sempat bertemu dengan UEA sebanyak dua kali di Tur Timur Tengah. Hasilnya, Garuda Jaya mampu menang dua kali.

Di pertemuan pertama yang digelar pada 14 April 2014 lalu, Evan Dimas cs mampu menang dengan skor 4-1. Dua hari kemudian, Indonesia kembali menang atas UEA dengan skor tipis, 2-1.

Untuk Australia, sebenarnya mereka akan menjadi lawan tanding Indonesia di sebuah turnamen mini yang disiapkan AFF dalam menyambut Piala Asia 2014. Turnamen mini itu akan diikuti 5 negara Asia Tenggara peserta Piala Asia. Namun, hingga kini belum diketahui kapan turnamen itu akan digelar.

Lalu Uzbekistan, tim ini sebenarnya memiliki rekam jejak yang cukup bagus di Piala Asia. Sejak 2008 silam, Uzbekistan selalu lolos ke putaran final Piala Asia.

Berikut profil singkat pesaing Indonesia di Grup B:

Uni Emirat Arab (UEA)

UEA berhak lolos ke Piala Asia edisi 2014 usai menjadi juara di Grup B pada fase kualifikasi beberapa waktu lalu. UEA lolos usai mencatatkan 100 persen kemenangan di babak kualifikasi. Mereka mengumpulkan 12 poin dari 4 pertandingan.

Mungkin tim ini akan menjadi pesaing terberat Indonesia di Grup B. UEA merupakan juara Piala Asia edisi 2008 silam.

Keikutsertaan UEA di Piala Asia dimulai pada 1982. UEA sudah tampil mengejutkan di debutnya dalam ajang Piala Asia ketika itu. Mereka langsung menempati posisi keempat di akhir turnamen.

Tiga tahun berselang, UEA kembali menunjukkan prestasi yang cukup bagus. Mereka merebut tempat ketiga.

Secara keseluruhan, UEA sudah mengikuti Piala Asia sebanyak 10 kali sejak 1982 silam. Dan mereka baru mengumpulkan satu gelar juara.

Uzbekistan

Lolos ke Piala Asia usai menempati peringkat 4 runner up terbaik. Kiprah Uzbekistan di fase kualifikasi Piala Asia 2014 sebenarnya cukup luar biasa.

Mereka hanya mengalami 1 kekalahan di fase kualifikasi. Dengan begitu, Uzbekistan mengoleksi 9 angka dari 4 pertandingan yang mereka jalani di Grup A.

Piala Asia 2014 ini merupakan yang keenam bagi mereka. Uzbekistan pertama kali tampil di Piala Asia pada 2002 silam.

Namun, hingga kini mereka masih belum bisa menggondol gelar juara. Prestasi tertinggi Uzbekistan adalah merebut posisi runner up pada perhelatan Piala Asia 2008 silam. Di partai final, mereka dibekuk UEA dengan skor 2-1.

Australia

Performa Australia pada putaran kualifikasi tidak terlalu menjanjikan. Banyak pihak menilai, kekuatan Australia tidak terlalu mengerikan.

Di fase kualifikasi, The Young Socceroos memang mampu menang dengan skor yang telak dari dua lawan pertamanya. Namun, ketika bertemu Vietnam, Australia dipermak dengan skor 1-5.

Sejak 2006, Australia baru tampil sebanyak 3 kali di putaran final Piala Asia (2006, 2008, dan 2010). Piala Asia 2014 ini merupakan yang keempat bagi mereka. Belum ada gelar juara yang mampu mereka sabet di ajang ini.[viva]