Tuesday, April 29, 2014

Badai Cedera Hantui Persiapan Timnas U-19

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas -  Hari kedua latihan timnas Indonesia U-19 di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, diwarnai dengan cedera pemain. Akibatnya, dua punggawa Garuda Jaya, Martinus Novianto dan Hamdan Zamzami menepi lebih awal. 

Martinus dan Zamzami sebenarnya sempat menjalani tes fisik, namun tidak sampai tuntas. Keduanya kemudian hanya menonton rekan-rekannya berlatih dari tribun. 

"Yang cedera hanya Hamdan," kata Fisioterapis Timnas U-19, Aditya Prameswara. Menurut dia, Martinus tidak cedera melainkan mengalami radang tenggorokan. 

Hamdan mengalami cedera di bagian kaki kanannya setelah mengikuti tes fisik. Saat berada di bangku penonton, Hamdan tampak mengompres lutut sebelah kanan dengan es. Namun, Aditya memastikan bahwa cedera Hamdan tidak parah.

Pada latihan sebelumnya, Awan Setho dan Irfandi Bagas juga tidak menjalani latihan tim secara penuh. Namun, menurut Aditya, kondisinya juga tidak terlalu parah. 

"Ini akibat para pemain tidak mengikuti instruksi pelatih agar tetap menjaga kondisi selagi masa libur. Bisa juga kaget karena sudah lama tak latihan," ujar Aditya. 

Cedera juga sempat menimpa dua pemain timnas Indonesia U-19, saat menjalani laga terakhir di Tur Nusantara. Meski demikian, Aditya mengatakan tim tidak menyiapkan program khusus untuk mengantisipasi kejadian tersebut berulang. Mereka tidak tidak terlalu khawatir dengan padatnya jadwal laga Garuda Jaya. 

"Tidak ada penanganan khusus, cuma terapi hydromassage sama latihan saja," tuturnya. (viva)