Friday, March 7, 2014

Timnas Malaysia U-21 Soroti Kinerja Wasit

Moh-Rozid-Bin-Ismail - Liputan6
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Malaysia U-21 Muhamad Ismail mengaku kecewa dengan kualitas wasit yang memimpin pertandingan persahabatan antara timnya dengan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Sebab keputusan yang diambil sering kali tidak beralasan dan merugikan timnya. 

"Pertandingan tadi begitu ketat. Tensi pertandingan begitu tinggi. Kita sama-sama ingin meraih kemenangan," ujar Ismail usai pertandingan, Rabu (05/03/2014).

Ismail mengungkapkan, di babak pertama anak asuhnya bermain kurang lepas sehingga tidak bisa mengembangkan permainan. Pemain seringkali salah passing dan selalu gagal dalam penguasaan bola. Alhasil selama babak pertama permaianan dikuasi timnas Indonesia. 

"Lini tengah tidak berkembang sehingga lini belakang lebih banyak di tekan lawan," ucapnya.

Baru setelah turun minum, lanjutnya, anak asuhnya dapat menguasai bola lebih banyak dan menekan pertahanan timnas Indonesia. Namun sayang akibat keputusan wasit yang kurang cermat, timnya harus kembali kebobolan lewat titik putih. 

Ia menilai gol pertama seharusnya tidak disahkan wasit, sebab sudah lebih dulu terjadi pelanggaran. Gol kedua juga seharusnya tidak penalti, karena pelanggaran terjadi di luar garis.

"Saya kecewa dengan kualitas wasit, keputusanya merugikan tim," tandasnya.

Terlepas dari kinerja wasit, Ismail juga menyoroti intimidasi suporter yang melakukan pelemparan terhadap pemainya di lapangan. Menurutnya, tindakkan tidak suportif tersebut tidak seharusnya dilakukan karena mengganggu pertandingan dan mental pemainya. 

"Di awal saya berharap pertandingan berjalan dengan aman, tapi ternyata mengecewakan. Suporter tidak berperilaku sportif," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam uji coba pertama yang digelar di Stadium Maguwoharjo Sleman, Rabu (05/03/2014) malam, Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Timnas Malaysia U-21 dengan skor 3-0. Gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Bayu Gatra (22,28) dan Rizky Pelu (40).[kompas]