Sunday, March 2, 2014

Skuad Pelapis Garuda Jaya Masih Belum Joss

Timnas U-19 - Batak Pos
Seputar Timnas - Rekor tak terkalahkan timnas U-19 dalam tur Nusantara belum terjamah. Dalam pertandingan ketiga tur Jawa Timur, pasukan Garuda Jaya, julukan timnas U-19, mengalahkan tuan rumah Persikoba Kota Batu 1-0 (0-0) di Stadion Brantas, tadi malam.

Sementara itu rekor timnas U-19 di tur Jatim adalah dua kali menang dan sekali imbang. Pertandingan pertama tur Jatim, mereka ditahan seri 1-1 oleh tim sepak bola Pra PON Jatim (21/2) dan kemudian menang 4-2 atas Persebaya U-21 (24/2) di laga kedua.

Masih ada satu lagi tur Jatim yang akan dihadapi timnas U-19 sebelum mereka melanjutkan petualangan ke Kalimantan. Yakni, akan menghadapi Persewangi Banyuwangi, Senin (3/3). Melihat tren performa tim asuhan Indra Sjafri itu, mereka berpeluang menyapu bersih tur Jatim.

Sebelum tur Jatim, timnas U-19 telah menjalani serangkaian pertandingan di Jawa Tengah dan DI Jogjakarta. Total, mereka menjalani sembilan pertandingan hingga tadi malam. Hebatnya, mereka enam kali menang dan tiga kali seri.

Melawan Persikoba, pada babak pertama Indra Sjafri memainkan sejumlah pemain pelapis. Para bintang Garuda Jaya seperti Evan Dimas, Mukhlis Hadi Ning Syaifullah, Fatkhur Rohman, Ravi Murdianto, Putu Gede, dan Maldini Pali, bahkan tidak turun lapangan sama sekali.

Gantinya, pemain-pemain seperti Dimas Drajat, Miftahul Hamdi, Paulo Oktavianus Sitanggang, Ikhsan Kurniawan, Irvandy Zein, dan Febly Gushendra diberi ruang bermain lebih banyak. Hasilnya, pada babak pertama permainan timnas U-19 kurang mantap. Kerjasama antara pemain kurang solid.

Beberapa kali kesalahan dilakukan para pemain timnas U-19. Dampaknya, Persikoba sempat beberapa kali membahayakan pertahanan mereka. Permainan juga monoton dan banyak serangan yang patah di lini tengah.

Sejatinya, timnas U-19 punya peluang pada menit ke-33 melalui Dinan Yahdian Javier. Sayang, sepakan Dinan dari luar area penalti masih melambung tipis di atas gawang Persikoba yang dikawal Ilham Husain. Persikoba juga punya peluang emas melalui Yogi Saiful pada menit ke-40.

Pada babak kedua, perubahan dilakukan Indra Sjafri. Dia memasukkan Hargianto dan Bagus Adi menggantikan Eriyanto dan Ichsan Kurniawan pada menit ke-48. Kemudian, David Maulana menggantikan Miftahul Hamdi (52").

Masuknya David Maulana ternyata mengubah permainan dan peruntungan timnas U-19. Baru dua menit dia masuk lapangan, diawali bola muntah tendangannya, Dimas Drajat melesakkan bola ke gawang Persikoba. Skor pun menjadi 1-0 dan bertahan hingga bubar.[Jawapos]