Sunday, March 23, 2014

Rony Esar Pelihara Mimpi Tembus Skuad Timnas U-23

Ronny Esar Feliks Beroperay - IST
Seputar Timnas -  Pemain bertahan Persipura Jayapura, Ronny Esar Feliks Beroperay berharap banyak dipanggil dalam pemusatan latihan Timnas U-23 untuk persiapan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Dalam dua tahapan pemusatan latihan Timnas U-23,nama Ronny belum dicantumkan pelatih Aji Santoso.

Bek sayap kiri Persipura Jayapura itu menyadari betul, persaingan ketat di Timnas U-23 membuatnya belum bisa bergabung di Timnas U-23 sampai saat ini. Tapi ketatnya rivalitas untuk memperebutkan tim inti tidak membuat nyalinya ciut. Dia menganggap, hal itu biasa terjadi dalam kompetisi.

“Buat saya, persaingan tidak terlalu penting. Karena di dalam tim selalu ada kompetisi,” kata Ronny saat ditemui di Lapangan Pertamina, Simprug, Jakarta.

Terpenting, bagi Ronny, menjalankan instruksi pelatih menjadi hal terpenting untuk memperebutkan satu tempat di tim inti. “Jika pelatih suka dengan permainan pemain, pelatih tentu menyukai pemain itu,” sambung palang pintu 22 tahun itu.

Mantan pemain Persidafon Dafonsoro itu termasuk dalam skuad Timnas U-23 SEA Games 2013 di Myanmar. Di mata Ronny, perbedaan besar bermain di Persipura dan Timnas adalah rasa kebanggaan. Sejauh ini, Ronny memang belum dipanggil memperkuat Timnas U-23 lagi. Namun, dia tetap menjadi pusat perhatian pelatih Persipura, Jacksen F Tiago.

Terbukti, setelah tidak lagie bermain untuk Gabus Sentani—julukan Persidafon—Ronny masuk dalam skuat Persipura Jayapura. “Di timnas tentu harus lebih baik. Tidak boleh banyak membuat kesalahan. Harus tampil lebih matang,” kata dia.

Kalau bermain untuk timnas, siapapun pemain itu, di mata Ronny, bermain atas nama bangsa dan negara. “Sedangkan bila di Persipura, kami bermain untuk klub, rekan-rekan, pelatih, dan untuk masyarakat Papua, serta para suporternya,” ujar Ronny.[liputan6]