Saturday, March 1, 2014

Riedl: Wajah Saya Memang "Galak" dan Tak Bisa Diubah

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, menolak disebut sebagai pelatih yang menakutkan bagi para pemainnya. Riedl menegaskan, wajahnya memang terkesan galak. Namun, dia sama sekali tidak pernah marah kepada anak-anak asuhnya.

Saat memimpin latihan, Riedl memang terlihat sangat tegas kepada para pemainnya. Bahkan, tidak jarang dia memarahi anak-anak asuhnya ketika melakukan kesalahan di saat sesi latihan sedang berlangsung.

Tapi, Riedl menuturkan hal itu dilakukannya agar para pemain bisa bersikap lebih disiplin. Dia juga menerapkan aturan yang sangat ketat agar para pemainnya lebih teratur.

"Saya tidak pernah marah kepada para pemain. Jangan katakan saya terlihat marah hanya karena Anda melihatnya seperti itu, saya orang Austria, kami tidak begitu," jelas Riedl.

"Memang wajah saya selalu terlihat seperti orang galak, tapi saya pria yang baik. Kita tidak bisa mengubah wajah kita. Mereka yang selalu terlihat tersenyum, belum tentu tidak marah. Saya tidak bisa selalu tersenyum, tidak selalu dalam hidup saya," ungkapnya.

Apa yang dikatakan oleh pria 64 tahun tersebut memang ada benarnya. Dalam beberapa kali sesi latihan yang digelar di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Riedl selalu mengeluarkan gurauan-gurauan ringan.

Contohnya, pada latihan hari kedua Kamis 27 Februari 2014 lalu , Riedl sempat melontarkan kalimat humor saat timnas berlatih di bawah guyuran hujan. "Kami bukan gula yang larut dalam air, jadi bisa latihan saat hujan," tuturnya saat itu sembari tersenyum.

Skuad Indonesia akan menjalani laga tandang ke markas Arab Saudi pada 5 Maret 2014. Itu merupakan pertandingan pamungkas Grup C kualifikasi Piala Asia 2015, di mana Indonesia menempati posisi juru kunci dengan baru mengumpulkan satu poin dari lima laga.[viva]