Thursday, March 13, 2014

Pemusatan Gelombang II Timnas U-23, 40 Persen Muka Baru

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Tahapan seleksi yang masih dijalani oleh Timnas U-23 dipastikan bakal membuat pemain keluar masuk untuk diuji kelayakannya.  Pada pemusatan latihan gelombang kedua 20 Maret- 6 April mendatang, sekitar 40 persen tim akan diisi muka baru.

Pelatih Timnas Aji Santoso menyebutkan bahwa dari 28 pemain yang dipanggil pada pemusatan latihan gelombang pertama 25 Februari-6 Maret lalu,tak seluruhnya akan dipanggil kembali.

"Mungkin Cuma 50 sampai 60 persen yang kami panggil lagi. Nanti kami  akan panggil 26 pemain di pemusatan berikutnya," katanya suai acara launching FIFA Online 3, di kawasan Senayan, Jakarta kemarin (12/3).

Namun, AJi belum bisa menyebutkan siapa pemain baru yang akan dipanggil itu nantinya. Sebab, itu menjadi wewenang dari Badan Tim Nasional (BTN)untuk mengumumkan nama-nama pemain yang diperkirakan pekan depan sudah bisa diketahui.

Dalam tahap seleksi gelombang kedua ini, akan dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh Aji untuk mendapatkan pemain-pemain bertalenta dari seluruh klub di Indonesia. Karena itu, usulan yang masuk, pun siap ditampung oleh Aji.

Dari pemain yang ada saat pemusatan gelombang pertama lalu, Aji memang sudah bisa melihat siapa pemain yang memiliki visi bermain bagus dan kuat dalam penguasaan bola. Namun,itu belum membuatnya puas karena dia berharap bisa menemukan pemain yang lebih baik lagi.

"Kami tak lelah dan berhenti mencari. Kami manfaatkan masa seleksi ini, sampai akhirnya 90 persen kerangka utama tim didapatkan pada Juli," tegas pelatih asal Malang tersebut.

Terkait masukan dari Indra Sjafri untuk mencoba pemain Pra PON Jatim yang sempat merepotkan timnas U-19, Aji pun sudah menyiapkan pemanggilannya. Mereka akan dipantau juga, bukan hanya melalui rekaman video, tapi bakal dilihat secara langsung.

Asisten pelatih U-23 Mustaqim pun membenarkan rencana tersebut, menurut dia, ada dua nama yang akan dipantau dari tim Pra Pon yang saat ini berafiliasi dengan tim Perseba Bangkalan. Dua pemain itu memang tampil bagus dan masuk dalam skuad juara Divisi III tersebut.

"Kami berencana untuk memantau langsung mereka. Jaraknya juga dekat, jadi tidak mengganggu jadwal untuk memantau pemain lain di luar pulau," tutur lelaki berkumis tersebut. [jawapos]