Wednesday, March 26, 2014

Lawan Andorra, Tes Perdana Skuad Garuda

Timnas Senior - Liga Indonesia
Seputar Timnas - Timnas Indonesia akan melakukan pertandingan uji coba perdana selama TC di Spanyol dengan melawan Andorra di Stadion UD Azira, Valencia, Rabu (26/3) malam. Laga ini rencananya akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl mengatakan kalau timnya akan tampil menyerang saat melawan Andorra. Jika meraih kemenangan, kemungkinan posisi Indonesia di rangking FIFA akan semakin membaik. Saat ini, Skuad Garuda berada di posisi ke-154.

"Bagi kami, pertandingan lawan Andorra sangat penting. Sebab, mempengaruhi peringkat FIFA," kata Riedl.

Demi mewujudkan hal itu, ahli formasi berusia 64 tahun tersebut menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil menyerang. Kemungkinan besar, Riedl akan menempatkan Greg Nwokolo sebagai target man.

"Untuk pertandingan melawan Andorra, saya akan menerapkan permainan offensive football. Namun permainan menyerang itu dilihat dari situasi pertandingan nanti," beber pelatih asal Austria ini.

Riedl pun enggan meremehkan Andorra. "Secara peringkat FIFA, posisi Indonesia lebih baik dari Andorra. Kami berada di posisi ke-154, sementara Andorra di urutan ke-198. Meski demikian, saya tak mau meremehkannya. Menurut saya, Andorra merupakan tim yang kuat," tambah mantan pelatih Vietnam ini.

Pria berusia 64 tahun tersebut menjelaskan kalau Andorra memiliki postur yang lebih tinggi dari Firman Utina dan kawan-kawan. Keunggulan postur tubuh itu bisa saja dimanfaatkan Andorra untuk bermain bola-bola atas di pertandingan nanti. Hal itulah yang diwaspadai Riedl dari Andorra.

"Secara fisik, pemain Andorra lebih tinggi dan kuat. Hal itu bisa saja menyulitkan kami," paparnya.

Hingga saat ini Riedl menuturkan sejumlah pemain tim Merah Putih belum bisa menyesuaikan dengan cuaca dingin di Spanyol. Dirinya pun fokus meningkatkan fisik para penggawa Timnas.

"Program ini sempurna. Tempat latihan juga sempurna, cuaca bagus tapi kami hanya punya sedikit waktu. Mudah-mudahan bisa membantu pemain meningkatkan kondisi dan kekuatan fisik. Beberapa pemain masih harus menyesuaikan diri dengan cuaca," jelas Riedl.

Pada latihan kemarin, bek naturalisasi Diego Michiels masih belum bisa mengikuti latihan karena kesehatannya terganggu. Bek Mitra Kukar itu mengalami penyakit radang sejak skuad Timnas tiba di Valencia, Minggu 23 Maret 2014 sore waktu setempat.

Di Spanyol, Indonesia akan menjalani tiga laga uji coba. Setelah menghadapi Andora, Skuad Garuda akan menantang Kuba (28/3/2014) dan Elche (2/4/2014).

Semua laga uji coba itu disiapkan oleh PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) untuk Timnas sebelum berlaga di Piala AFF November 2014 nanti.[liga Indonesia]