Wednesday, March 19, 2014

Indra Sjafri: Tak Bisa Seenaknya Tetapkan Jadwal Uji Coba

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku sudah tidak membutuhkan uji coba tambahan usai laga ulangan melawan Persiba Balikpapan U-21 di Stadion Parikesit, Jumat 21 Maret 2014. Ini berarti, laga uji coba antara timnas U-19 melawan Persiter Ternate yang dijadwalkan akan digelar pada 24 Maret 2014 di Stadion Kieraha tidak mungkin digelar.

Sejauh ini timnas U-19, menurut Indra, sudah mencapai target yang diinginkannya selama menjalani serangkaian uji coba di Tur Nusantara. Oleh karena itu, Indra menegaskan tidak akan menggelar uji coba di Tur Nusantara usai 21 Maret 2014.

"Program itu saya sendiri yang buat, bukan orang lain. Tidak bisa seenak perut untuk menyusun program dan menjadwalkan uji coba. Saya sudah bilang ke pihak-pihak terkait kalau uji coba terakhir pada 21 Maret 2014," kata Indra, Rabu 19 Maret 2014.

Indra mengatakan, ia tetap menghormati seluruh permintaan uji coba yang akan datang. Tapi, uji coba tetap harus berdasarkan kebutuhan tim. "Sejauh ini, saya rasa tim sudah mendapatkan porsi uji coba yang cukup. Uji coba itu harus memiliki manfaat yang besar untuk timnas," kata dia.

Indra menuturkan, timnya butuh waktu untuk melakukan evaluasi usai menjalani Tur Nusantara. Selain itu, pelatih 51 tahun tersebut ingin mematangkan timnya dalam latihan-latihan internal sebelum bertolak ke Timur Tengah pada April 2014 mendatang.

"Selama tiga hari timnas U-19 akan diberi istirahat. Tim pelatih akan melakukan evaluasi terkait perkembangan di Tur Nusantara. Lalu, pada 24 Maret 2014 kami akan memulai latihan untuk persiapan Tur Timur Tengah," kata mantan pemain PSP Padang ini.

Sementara itu, Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Syaifuddin, mengaku sudah menyerahkan semua keputusan terkait uji coba timnas U-19 versus Persiter kepada Indra. Jika uji coba tidak dibutuhkan, maka kemungkinan besar laga melawan Persiter akan dijadwalkan pada Tur Nusantara tahap 2.[viva]