Thursday, March 6, 2014

Indra Sjafri : Indonesia Kekurangan Pelatih Sepakbola

Indra Sjafri - Goal
Seputar Timnas -  Indonesia punya potensi yang besar untuk dapat berbicara di dunia internasional dalam bidang sepak bola. Jutaan pemain potensial dapat ditemukan disekolah-sekolah sepak bola (SSB) yang dapat dibina menjadi pemain sepak bola handal. 

Sayangnya pembina atau pelatih sangat sedikit di Indonesia. Pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengungkapkan saat ini di Indonesia hanya ada sekitar tiga ribu pelatih dengan para pesepakbola yang mencapai angka jutaan.

"Bandingkan dengan Jepang yang sudah punya 61 ribu pelatih untuk menangani para pemain sepak bola sejak dini," katanya.

Indra menambahkan banyak orang beranggapan kompetisi adalah yang paling utama. Namun Indra menilai justru sebaliknya, bahwa kompetisi adalah ujian. Jika tidak ada pembinaan yang baik maka tidak akan mendapatkan hasil yang baik.

"Jangan hanya dilihat kompetisinya tapi bagaimana pembinaannya," katanya.

Sementara itu, Menpora Roy Suryo mengatakan Indonesia butuh sosok-sosok seperti Indra Sjafri yang memainkan sepak bola gaya Indonesia dan tidak meniru gaya permainan milik negara lain.

"Sosok seperti coach Indra ini yang harus diperbanyak di Indonesia karena potensi pemain bola di Indonesia sangat tinggi tanpa harus melakukan naturalisasi pemain," katanya.

Roy juga berjanji akan memfasilitasi pembinaan para pelatih dengan training of trainer yang diharapkan mampu mengembangkan para pelatih sepak bola di Indonesia.

"Pada tahap awal akan ada 15 pelatih yang akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pelatih sepak bola di Indonesia," ujarnya. [viva]