Sunday, March 23, 2014

Indra Sjafri: Garuda Jaya Sedang "Bangun Rumah Tipe 70"

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 terus berbenah jelang perhelatan Piala Asia 2014, Myanmar. Setelah melakoni Tur Nusantara tahap 1, Timnas U-19 akan segera berangkat ke Timur Tengah pada 1 April 2014 untuk melakoni beberapa laga uji coba.

Tur Timur Tengah merupakan salah satu program yang memang telah disiapkan tim pelatih Pasukan Garuda Jaya beserta Badan Tim Nasional (BTN) dalam persiapan mereka jelang Piala Asia.

Rencananya, Timnas U-19 akan mulai beruji coba pada 10 April 2014. Dan lawan pertama yang akan dihadapi adalah Oman.

Dijelaskan oleh pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, saat ini timnya sudah sangat siap untuk melakoni beberapa laga uji coba di Tur Timur Tengah. Namun, sebelum berangkat ke Timur Tengah, Indra akan mengevaluasi seluruh kekurangan tim yang ditemukannya di sepanjang Tur Nusantara.

"Sekilas saya melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan pemain mulai menurun. Perkembangannya cukup positif. Itu adalah gambaran kecil dari apa yang didapat dari Tur Nusantara. Jadi, tim sudah sangat siap untuk beruji coba di Timur Tengah," kata Indra ketika ditemui di kawasan Matraman, Jakarta, Minggu 23 Maret 2014.

"Evaluasi besarnya, tunggu saya bicara dengan BTN pada Selasa 25 Maret 2014 nanti. Sampai sekarang saya juga masih tunggu data-data secara lengkap. Semua hasil evaluasi akan diterapkan pada latihan jelang keberangkatan ke Timur Tengah yang dimulai 25 Maret 2014," sambung dia.

Selama tur Nusantara, Pasukan Garuda Jaya belum pernah menelan kekalahan dalam 13 laga yang mereka jalani. Meski begitu, pelatih 51 tahun tersebut enggan berpuas diri.

Hasil yang didapat di dalam Tur Nusantara, menurutnya belum menjadi jaminan bahwa performa Timnas U-19 sudah cukup untuk bisa bersaing di level Asia.

"Gambarannya, kalau di kualifikasi Piala Asia yang lalu rumah kami bertipe 45. Kami butuh rumah dengan tipe 70 jika ingin bersaing di putaran final agar bisa lolos ke Piala Dunia 2015 nanti," tutur Indra.

"Jadi, saat ini saya sedang membangun rumah tipe 70 itu di dalam tim. Level permainan tim harus meningkat karena lawan yang akan dihadapi juga pasti lebih bagus ketimbang di fase kualifikasi," lanjut mantan pemain PSP Padang ini.

Selain Tur Timur Tengah, Timnas U-19 masih akan menghadapi dua turnamen mini di Jakarta dan Vietnam. Rencananya, ada beberapa uji coba yang akan dilakoni di Eropa. Namun, wacana itu hingga sekarang masih dalam pembahasan BTN.[VIVA]