Wednesday, March 5, 2014

Indra Sjafri Akan Berikan Ujian untuk Calon Pemain Timnas U-19

Indra Sjafri - IST
Seputar Timnas - Pelatih tim nasional Indonesia u-19, Indra Sajfri menjelaskan bahwa pemanggilan pemain dari tur nusantara bukan untuk langsung bergabung ke dalam skuat, melainkan hanya sekadar melakukan tes. Pemanggilan para pemain ke timnas U-19 ini menurut Indra dianggap salah oleh masyarakat. 

Pemanggilan tersebut hanya untuk mengikuti tes saja. Pemanggilan tes ini ditujukan untuk mengetahui standar pemain yang nantinya akan masuk dalam skuat timnas. 

"Ada beberapa pemain yang bisa diikutkan dalam tes. Jangan salah tulis, bukan dipanggil timnas dulu", kata Indra di sela coaching clinic bersama 20 Sekolah Sepak Bola di Mandala Krida, Rabu (5/3/2014).

Selama pemanggilan, nantinya para pemain akan mengikuti beberapa ujian untuk mengukur kemampuan masing-masing. Mereka nantinya akan mengikuti tes fisik, kemampuan olah bola, dan juga psikotes. Ujian ini sendiri akan dilakukan pada 6-7 Maret di Sidoarjo. Para pemain yang akan dipanggil mengikuti tes ini nantinya akan diputuskan oleh Badan Tim Nasional (BTN).

"Tes fisik, psikotes dan taktikal kita akan coba dengan internal game. Lalu ada tes skill dan kemampuan fisik. Ada 11 item yang dilakukan pak Nursaelan pelatih fisik pada tanggal 6-7 Maret. Nanti siang baru dirilis BTN", kata Indra.

Menurut Indra tes fisik ini juga menentukan pemain dapat masuk timnas. Menurutnya, pemain bola tidak hanya skill saja tetapi juga fisik. Karena Indra sudah menetapkan standar pemainnya di timnas.

"Kan bisa dites. Ini lho kenapa dia tidak bisa terpilih, misalnya standart VO2 Maxnya segini. Kita punya standar. Karena ini timnas harus terbaik. Terbaik itu menurut standar kita", ujar Indra.

Setelah lolos tes dan bergabung dalam timnas, Indra masih akan melihat lagi peningkatan para pemain. Proses pemantauan ini dilakukan secara terus menerus bahkan saat sudah berada di skuat Garuda Jaya. 

"Dia ikut berlatih kita lihat lagi. Dia ikut bermain timnas sekali dua kali gimana dia progresnya", tuturnya.

Khusus di Yogyakarta, sudah ada satu pemain yang diberangkatkan Indra ke Sidoarjo. Dia adalah Martinus Novianto Ardi, pemain Pra PON DIY yang berhasil menyarangkan dua gol ke gawang timnas u-19 beberapa waktu lalu.

"Ada pemain Martinus Novianto Ardi yang hari.sudah mulai berangkat ke Sidoarjo. Dia dulu pernah gabung dulu mudah-mudahan ada progres", ucapnya.[liputan6]