Saturday, March 29, 2014

Indonesia Kalah Tipis Atas Kuba

Timmas Senior - IST
Seputar Timnas - Laga uji coba kedua dalam tur Spanyol dijalani Tim Nasional (Timnas) Indonesia dengan kekalahan 0-1 dari Timnas Senior Kuba. Muhammad Roby menjadi aktor kekalahan Garuda, setelah mencetak gol bunuh diri pada menit ke-29.

Usai kemenangan tipis 1-0 atas Andorra, Indonesia kembali menjalani laga uji coba kedua menghadapi tim berperingkat 93 dunia ini. Pada laga yang berlangsung di Stadion Luis Suner Pico, Alzira, Valencia, pelatih Timnas Alfred Riedl memasang Musafri di depan menggantikan posisi Greg Nwokolo yang mengalami cedera hamstring. Sementara Diego Michiels akhirnya diturunkan setelah sebelumnya sempat diragukan tampil.

Sepuluh menit awal permainan kedua tim masih berimbang dan bola hanya berkutat di lapangan tengah, sehingga tidak ada peluang yang benar-benar mengancam ke penjaga gawang kedua tim.

Memasuki menit ke-18 Indonesia mulai mengurung pertahanan Kuba dengan menciptakan beberapa peluang emas. Bahkan Garuda bisa saja unggul, andai sundulan Ahmad Jufrianto yang memanfaatkan umpan dari Muhammad Ridwan tak membentur mistar gawang. Sayang pula, bola rebound gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Ferdinand Sinaga.

Keasyikan menyerang, gawang I Made Wirawan dijebol Kuba pada menit ke-29. Gol berawal dari Maikel Reyes yang lolos dari jebakan offside, kemudian langsung memberikan umpan mendatar yang berhasil dihalau oleh Zulkifli Syukur. Namun sialnya, bola sapuan sang kapten justru mengenai Muhammad Roby sehingga bola memantul masuk ke gawang sendiri. Kuba unggul 1-0 atas Indonesia yang bertahan hingga turun minum.

Lepas turun minum kedua tim melakukan serangkaian pergantian pemain. Dan itu membuat kedua tim tampil lebih terbuka. Bahkan Kuba yang sebelumnya bermain lebih santai di babak pertama, terlihat lebih aktif membangun serangan di babak kedua.

Bahkan pada durasi menit ke-52 hingga 57, dua peluang emas didapat oleh anak-anak asuhan Walter Benitez. Namun kedua upaya tersebut masih bisa digagalkan oleh kiper Timnas Garuda, I Made Wirawan.

Sejak tertinggal 0-1, praktis Indonesia bermain tertekan lantaran Kuba bermain lebih menyerang ketimbang di babak pertama. Masuknya beberapa tenaga baru, seperti Firman Utina, Tantan, dan Supardi belum bisa membuat Indonesia terlepas dari tekanan Kuba.

Memasuki menit akhir pertandingan, Indonesia belum mampu mencetak gol penyeimbang. Bahkan gol dari M.Roby itu menjadi satu-satunya yang tercipta, sehingga Garuda harus menelan kekalahan 1-0 atas Kuba.[okezone]

Susunan Pemain:
Indonesia: I Made Wirawan, Zulkifli Syukur, Fachrudin Wahyudi, Raphael Maitimo, Achmad Jufrianto, M. Roby, Ferdinand Alfred, Manahati Lestusen, Talaohu Musafri, M. Ridwan, Diego Michiels

Kuba: Delvis Lumpuy, Andy Vaquero, Yasmany Lopez, Maikel Reyes, Alberto Gomez, Ariel Martinez, Yordan Santa, Jorge Luis, Adrian Arturo, Daniel Luis, Jesus Rodriguez.