Tuesday, March 25, 2014

Hadapi Persis Solo, Timnas U-23 Siap Ambil Risiko

Aji Santoso - Antara
Seputar Timnas -  Pelatih Timnas Indonesia U-23 Aji Santoso meminta para pemainnya berani mengambil risiko saat mendapat kepungan dari lawan dalam laga uji coba melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Selasa (25/3/2014). Ia berharap timnya bisa memainkan sepakbola cepat dengan umpan-umpan pendek.

"Penguasaan bola tetap harus ditekankan. Bagaimana mereka melepaskan umpan terobosan dan melewati lawan. Namun, kemampuan pemain tetap harus ditingkatkan. Mereka kerap takut mengambil risiko di antara lawan," kata Aji seperti dikutip Goal.

Aji akan menurunkan 23 pemain yang mengikuti pelatnas tahap kedua dalam laga nanti. "Semua pemain masih dalam tahap seleksi. Laga ini akan kami manfaatkan untuk memantau mereka sehingga saya akan menurunkan semuanya," ucapnya. "Ini juga menjadi bagian seleksi pemain yang akan dipanggil untuk pelatnas gelombang ketiga."

Aji tak mempermasalahkan Timnas U-23 gagal beruji coba melawan Filipina U-23 yang kemudian digantikan Persis. Dia berharap klub Divisi Utama itu mampu memberi perlawanan terhadap Alfin Tuasalamony dan kawan-kawan. Apalagi, pelatih Widyantoro sudah cukup lama mempersiapkan timnya.

"Tidak masalah siapa pun lawan kami. Saya berharap kedua tim bisa menunjukkan kualitasnya. Saya juga berharap Persis bisa memberi tekanan kepada timnas," ujar mantan pemain Persebaya Surabaya itu.

Sementara itu, pelatih Persis Widyantoro mengatakan laga ini sangat penting bagi Persis. Sebab, mereka menghadapi lawan berkualitas yang dipersiapkan tampil di Asian Games 2014.

"Kesempatan yang jarang kami peroleh sehingga harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Laga ini memberi pengalaman berharga bagi pemain. Saya ingin pemain bisa menimba ilmu dari pemain timnas U-23," ujar Widyantoro.

Widiyantoro akan menurunkan tim terbaik dalam laga uji coba. Duo asing Marcelo Cirelli dan Mbom Mbom Julien pun dimainkan menghadapi Timnas U-23.[liputan6]