Sunday, March 2, 2014

AiI: Timnas U-23 Butuh Pemain Dinamis dan Agresif

Aji santoso - IST
Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, menekankan sejumlah kriteria pemain yang akan dia masukkan ke skuad untuk dibawa ke Asian Games 2014. Aji ingin pemain-pemain yang nanti berada di timnya merupakan pemain bertipikal dinamis dan agresif.

Menurut Aji, dua kriteria tersebut sangat sesuai dengan filosofi sepakbola yang dia akan terapkan. Oleh karena itu, dalam sisa waktu sampai digelarnya Asian Games 2014 pada September mendatang, Aji berharap bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk memilih 23 pemain yang dibawanya.

"Saya mencari pemain yang dinamis dan agresif. Karena saya ingin memainkan sepakbola yang agresif. Agresif bukan hanya saat pemain menguasai bola atau saat menyerang. Saat bertahan dan kehilangan bola, pemain pun harus tetap agresif," terang Aji saat dihubungi, Minggu 2 Maret 2014.

Saat ini, Aji memanggil 28 pemain untuk melakukan pemusatan latihan tahap pertama Timnas U-23 yang dimulai sejak 25 Februari lalu di Yogyakarta. Pada 6 Maret nanti, Garuda Muda akan menjajal kekuatan Timnas U-23 Malaysia, di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dua kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari persiapan Timnas U-23 menuju Asian Games 2014 yang dilangsungkan di Incheon, Korea Selatan. Setelah pertandingan kontra Timnas U-23, para pemain akan dikembalikan ke klub mereka masing-masing.

Aji menambahkan, setiap pertandingan uji coba yang dilakoni oleh anak-anak asuhannya nilainya begitu penting. Dia juga tak ingin melihat kemampuan pemain hanya melalui latihan, sebab tak jarang pemain yang bagus saat latihan, penampilannya malah kurang memuaskan ketika diturunkan saat pertandingan.

"Penampilan pemain saat latihan kebanyakan berbeda dengan saat pertandingan sesungguhnya. Oleh karena itu, melawan Malaysia menjadi penilaian akhir apakah pemain itu layak dipanggil kembali atau dicoret,” katanya.[viva]