Saturday, March 22, 2014

Agustus Mendatang, Timnas U-23 Racikan Aji Santoso Akan Terbentuk

Aji Santoso - Bolanews
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Aji Santoso tidak memersoalkan calon lawan yang akan dihadapi anak asuhnya pada pelatnas tahap kedua di Yogyakarta, 20 Maret hingga 4 April 2014. Ia masih berkonsentrasi meramu tim yang akan terbentuk Agustus nanti.

Di sela-sela pelatnas tahap kedua ini, skuad Garuda Muda dijadwalkan melakoni tiga kali uji coba. Dua uji coba melawan tim luar negeri dan satu kali melawan tim lokal. Semuanya berlangsung di Indonesia. Hingga, Jumat (21/3/2014) siang, lawan tanding belum diumumkan oleh Badan Tim Nasionall (BTN), selaku pengelola timnas.

Namun, berdasarkan keterangan Panitia Penyelenggara Pertandingan (Panpel) Solo, Jawa Tengah, Paulus Haryoto, pihaknya mendapat informasi jika Garuda Muda akan menjajal Sri Langka pada 25 Maret, kemudian bertemu Filipina lima hari kemudian.

"Program pelatnas memang dari 20 Maret sampai 4 April. Di sela-sela itu rencananya akan ada tiga atau empat kali uji coba. Mengenai lawan yang dipilih BTN, prinsipnya kami nggak ada masalah," kata Aji.

Saat ini, Aji ingin melihat kemampuan 23 pemain yang dipanggil mengikuti pelatnas tahap kedua. Bagi Aji, semua anak-anak bangsa berhak untuk mengikuti seleksi.

Sebelumnya, pada pelatnas tahap pertama berlangsung 25 Februari sampai 7 Maret 2014, Aji memanggil 28 pemain. Tim menggelar satu kali uji coba saat mengalahkan Malaysia U-21 3-0, di Stadion Maguwoharjo, 5 Maret 2014 Rangkaian pelatnas ini menjadi gerbang untuk membentuk skuat sebelum tampil di Asian Games 2014.

"Sebelum bulan Juli, akan banyak pemain yang keluar masuk. Saya mungkin akan menemukan komposisi terbaik pada bulan Agustus. Nah, sebelum SEA Games, saya berharap BTN bisa mengagendakan pertandingan melawan tim dengan nama besar di Asia," ujar Aji.

Hal itu diperlukan sebagai parameter kesiapan tim. Karena kemungkinan besar Garuda Muda akan bertemu raksasa Asia seperti Jepang, Iran, Bahrain, Qatar, atau Yordania. Pada edisi terakhir empat tahun lalu di China, negara ini mengirim tim sepak bolanya ke Asian Games.[tribun]