Thursday, March 20, 2014

3 Pemain Ini Absen di Latihan Perdana Timnas Senior

Timnas Senior latihan - VIVA
Seputar Timnas - Timnas Indonesia menggelar latihan perdana jelang keberangkatan ke Spanyol di lapangan sepakbola Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Kamis 20 Maret 2014 pagi. Tiga pemain, Greg Nwokolo, Muhamad Ridwan dan Ricardo Salampessy, harus absen dari latihan.

Greg, Ridwan dan Ricardo sebenarnya sudah bergabung dengan skuad Timnas sejak kemarin, Rabu 19 Maret 2014, namun tidak hadir di lapangan pagi tadi. Ketiganya masih harus mengurus kelengkapan dokumen untuk bisa terbang ke Spanyol.

Pada latihan perdana ini, Timnas sudah tiba di lapangan sejak pukul 07.52 WIB. Latihan dipimpin dua asisten pelatih, Wolfgang Pikal dan Widodo Cahyono Putro. Sedangkan pelatih Alfred Riedl baru bergabung dengan skuad Timnas di Valencia, Spanyol.

Sesi latihan pagi tadi hanya difokuskan pada pengenalan pola permainan yang diinginkan Riedl. Wolfgang dan Widodo membagi latihan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, fisik para pemain digenjot. Kemudian, latihan dilanjutkan dengan permainan-permainan mini.

Suasana latihan perdana ini terbilang sangat cair. Terutama ketika bek naturalisasi, Diego Michiels, membuat ulah konyol. Hal itu terjadi di sesi akhir latihan, ketika tim pelatih memberikan materi shooting kepada Firman Utina dan kawan-kawan.

Dengan spontan, Diego mengambil posisi sebagai penjaga gawang. Tanpa menggunakan sarung tangan, dia beraksi dengan menepis bola. Para pemain Timnas pun tertawa melihat aksi Diego. "Kiper kiper kiper," teriak bek Mitra Kukar tersebut.

Tingkah Diego itu membuat suasana latihan semakin cair. Sesi latihan pagi berlangsung selama 2 jam, dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB.

Training Camp di Spanyol merupakan bagian dari persiapan Indonesia menghadapi Piala AFF 2014 pada November-Desember 2014 mendatang. Selama di Spanyol, Timnas akan menggelar laga uji coba menjajal Andorra (26 Maret), Kuba (29 Maret), dan klub La Liga, Elche, pada 2 April 2014. [viva]