Wednesday, February 5, 2014

Timnas U-23 Dipastikan Berangkat ke Asian Games 2014

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) telah memberi restu mengrimkan Timnas U-23 ke ajang Asian Games 2014. Sepakbola termasuk dalam 19 cabang olahraga yang dikirimkan ke Asian Games.

Sebelumnya, Satlak hanya memberi lampu hijau mengirimkan cabang sepakbola ke Asian Games bila memperlihatkan progres signifikan dalam pertandingan uji coba. Namun belakangan, Satlak melunak dan mencantumkan sepakbola ke Incheon.

Timnas Indonesia U-23 rencananya akan menggelar pemusatan latihan akhir Februari ini di Jakarta. Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso hingga saat ini masih belum mengumumkan skuadnya.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu akan memanggil 28 pemain untuk mengikuti training-camp. Namun Indonesia hanya mengirimkan 23 pemain termasuk jatah 3 pemain senior untuk tampil di Asian Games.

"Total cabor yang ikut ke Asian Games ada 168 atlet dari 19 cabor. Dan sepakbola termasuk di dalamnya," kata Ketua Satlak Prima, Suwarno kepada wartawan.

Suwarno menyatakan, setelah mengumumkan cabor yang telah ditetapkan, dia berharap cabor tersebut langsung menggelar pemusatan latihan. "Jangan tunggu Surat Keputusan (SK) untuk menggelar training-camp," sambung Suwarno.

Lebih lanjut, Suwarno mengatakan, akan berkoordinasi dengan Pengurus Pusat dan Besar dari 19 cabor itu. Satlak ingin mengetahui program pemusatan latihan dan uji coba. Rincian cabor tersebut adalah, 5 beladiri, 6 terukur, tiga akurasi, dan 4 permainan.

"Saya berharap cabor itu bisa melakukan lebih banyak uji coba agar kemampuan atlet bisa terasah dan prestasi di SEA Games bisa terlampaui." (liputan6)

Daftar 19 cabang olahraga yang dikirimkan ke Asian Games 2014:

1. Tinju
2. Karate
3. Gulat
4. Wushu
5. Taekwondo
6. Atletik
7. Kanowing
8. Rowing
9. Angkat Besi
10. Renang
11. Balap Sepeda
12. Equestrian
13. Panahan
14. Bowling
15. Sepak Takraw
16. Voli Pantai
17. Soft Tenis
18. Badminton
19. Sepakbola.