Monday, February 3, 2014

Timnas U-19 v PSS Sleman Maksimalkan Minute Play

Foto - Tribun
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 memulai rangkaian uji coba bertajuk Tur Nusantara, malam ini.

Klub profesional dari kompetisi Divisi Utama, PSS Sleman menjadi penantang nomor satu dari skuad Garuda Jaya. Laga tersebut akan digelar di Maguwoharjo International Stadium (MIS), Sleman, Jogjakarta. (Siaran langsung SCTV mulai pukul 20.00 WIB).

Pertandingan ini sekaligus melanjutkan masa pematangan tim setelah Evan Dimas Daemono dkk melakoni pelatnas tahap pertama. Bagi skuad yang menjadi bagian ketika memenangi Piala AFF U-19 dan menjalani babak prakualifikasi Piala AFC U-19 lalu, mungkin laga ini sudah biasa bagi mereka.

Namun, tidak bagi beberapa pemain yang belum pernah terjun di kedua ajang timnas U-19 dalam 2013 silam itu. Kemungkinan besar, pelatih timnas U-19 bakal kembali menurunkan starting line up terbaiknya seperti sebelumnya.

"Tapi, semua pemain bisa kami mainkan, karena bagaimana pun ini juga masih dalam tahap latihan," ujarnya.

Winning eleven timnas U-19 memang masih sulit untuk dipisahkan dari beberapa nama seperti Evan Dimas, Ravi Murdiyanto, I Putu Gede Juni Antara, dan Hansamu Yama Pranata.

Namun, Indra tidak menutup kemungkinan apabila nantinya bakal ada perubahan susunan komposisi. Itu karena dia masih mencari kerangka tim terbaik dari 29 pemain yang ada.

Karena masih mencoba mencari kerangka tim terbaiknya, maka Indra pun tidak begitu melihat di sisi hasil akhir dari laga uji cobanya kali ini. "Ini kan hanya tahap uji coba. Yang penting, kami berharap pemain bisa menjalankan instruksi yang saya minta ketika di lapangan, itu saja," tutur dia.

Jika dilihat dari sisi kualitas lawan, memang dari 13 kali pertandingan uji cobanya, 12 di antara klub lawannya berstatus sebagai tim U-21 dari klub Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama ataupun dari Liga Nusantara (baca: Divisi I, II dan III). Hanya PSS yang notebene klub berlabel tim senior lawan bagi timnas U-19.

Meski demikian, tidak terbersit sedikit pun ciutnya nyali dari pelatih yang tepat berusia 51 tahun pada Minggu kemarin (2/2) itu. Termasuk dengan ketakutan bahwa nantinya anak buahnya akan mengalami cedera jika bermain lawan tim senior.

"Lebih dari itu, kami berharap pemain mampu mengambil banyak pelajaran di setiap laga uji coba," pungkasnya.

Sementara itu, sebagai arsitek tim lawan, Sartono Anwar tidak serta merta menerjunkan seluruh pemainnya di dalam laga tersebut. Sebaliknya, PSS juga menyiapkan beberapa pemain berusia muda untuk masuk dalam skuadnya. Ini tidak lepas dari keinginan klub berjuluk Super Elja itu untuk mencari potensi baru dari skuadnya.

Terkait dengan bagaimana permainan yang akan diperagakan PSS untuk meladeni timnas U-19, sebelum laga Sartono terlebih dulu berkordinasi dengan Indra terkait bagaimana pola yang nanti akan dimainkan. "Dan kami akan meladeni bagaimana pun permainan yang diinginkan timnas U-19," pungkasnya. (jawapos)

Perkiraan Susunan Pemain: Timnas U-19

Timnas U-19: (4-3-3): 1-Ravi Murdianto (pg); 5-Muhammad Fatchurohman, 4-Mahdi Fahri Albar, 16-Hansamu Yama P, 2-Putu Gede Juni Antara; 19-Zulfiandi, 8-Muhammad Hargianto, 6-Evan Dimas Darmono "; 15-Maldini Pali, 10-Muchlis Hadi Ning S, 20-Ilham Udin Armayn.

Pelatih: Indra Sjafri