Friday, February 7, 2014

PSSI: Laga Timnas U-23 Lawan Argentina Batal

Skuad Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia memastikan tim nasional di bawah usia 23 tahun batal meladeni Timnas U-23 Argentina. Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono menuturkan tidak adanya titik temu waktu pertandingan menjadi penyebab utama gagalnya laga persahabatan tersebut.

"Mereka ingin bermain 5 Maret nanti," kata Joko di kantor PSSI, Jakarta, Kamis petang, 6 Februari 2014. Padahal, dia melanjutkan, di waktu yang sama, tim nasional senior bertamu ke Arab Saudi untuk melakoni pertandingan terakhir babak kualifikasi Piala Asia 2015.

Joko menjelaskan dalam pembahasan bersama Badan Tim Nasional, sempat muncul pilihan untuk mengirim tim seadanya saat Indonesia bentrok dengan Arab Saudi, mengingat tim Garuda sudah tidak mungkin lolos. Dengan demikian, laga melawan Argentina tetap berjalan dengan susunan pemain terbaik.

Namun menurut Joko, opsi tersebut urung dilakukan lantaran setiap federasi wajib mengirimkan pemain terbaik di setiap ajang resmi internasional.  "Baik sudah lolos atau tidak, federasi harus membawa tim utama," katanya. PSSI memilih opsi membatalkan pertandingan uji coba Timnas U-23 melawan Argentina.

Sebagai gantinya, PSSI akan mencarikan lawan dari kawasan Asia Tenggara. Menurut Joko, Timnas U-23 yang diasuh Aji Santoso akan menjalani partai uji coba usai laga Timnas Indonesia senior. "Kami sudah tetapkan bahwa pertandingan Timnas U-23 selalu digelar usai laga Timnas senior," ujarnya.

Timnas senior asuhan Alfred Riedl bakal bertandang ke Arab Saudi menjalani laga pamungkas grup C babak kualifikasi Piala Asia 2015. Indonesia berada di posisi buncit di bawah Cina, Irak dan Arab Saudi selaku pimpinan grup. Sementara Timnas U-23 dipersiapkan PSSI untuk turun di ajang Asian Games 2014.[tempo]