Friday, February 14, 2014

Pelatih: Tak Ada Kesenjangan Antar Pemain di Skuad Timnas U-19

Jajaran Pelatih Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Dalam Tur Nusantara, Timnas Indonesia U-19 masih sering mempercayakan starting line up kepada para pemain yang tampil di Piala AFF 2013 dan Kualifikasi Piala Asia 2014. Hal ini menjadi pertanyaan, apakah terdapat kesenjangan antar pemain dalam skuad Garuda Jaya?

Evan Dimas, Ihammudin Armaiyn, Muhammad Hargianto, Hansamu Yamapranata, Muchlis Hadi, Zulfiandi, Putu Gede Juni Antara, dan Muhammad Faturrachman masih sering menjadi andalan pelatih Indra Sjafri di starting line up. Dan ketika para pemain pelapis dimainkan, Timnas U-19 nyaris kalah.

Hal itu terlihat saat Garuda Jaya melawan Tim Pra-PON DIY pada Sabtu 8 Februari 2014, di mana kala itu Timnas U-19 saat sempat tertinggal 0-2, sebelum membalikkan keadaan menjadi 3-2 setelah melakukan banyak pergantian pemain di babak kedua. Namun, ketika ditanya apakah ada kesenjangan antara di skuad Garuda Jaya, asisten pelatih Timnas U-19, Eko Purjianto, membantahnya.

"Tujuan kita adalah membuat skuad ini merata. Tidak ada kesenjangan antar pemain yang di lapangan mau pun di bangku cadangan. Oleh karena itu, di Tur Nusantara ini kita ingin memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka yang jarang diturunkan," kata Eko, Kamis 13 Februari 2014. 

Eko juga tidak ingin menyebut mereka yang lebih sedikit dimainkan saat Tur Nusantara sebagai pemain pelapis. Meski sebelumnya diakui oleh Indra Sjafri para pemainnya yang diturunkan saat menghadapi Tim Pra-PON DIY demam panggung , menurut Eko hal itu wajar dialami setiap pemain.  

"Saya tidak melihat ada perbedaan mencolok antara pemain yang sudah main di Piala AFF 2013 dan Kualifikasi Piala Asia 2014 dengan mereka yang belum banyak dimainkan. Dalam internal game, pemain-pemain yang jarang diturunkan juga bisa mengimbangi bahkan mengalahkan pemain-pemain yang sering jadi starter," jelasnya.[Viva]