Friday, February 7, 2014

Lawan Arab Saudi Riedl Pantau Juga Pemain di Luar Negeri

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Kendati fokus mencari pemain yang bermain di liga lokal, pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl tetap memonitor perkembangan pemain yang berada di luar negeri.

Riedl Isyaratkan Panggil Pemain yang Telah Didaftarkan ke AFC Riedl Isyaratkan Panggil Pemain yang Telah Didaftarkan ke AFC "Kami tidak melupakan pemain yang bermain di luar negeri. Tapi memang, kami tidak banyak waktu memonitor mereka. Kami lebih banyak memantau pemain di sini," ungkap Riedl.

Pelatih asal Austria itu mengungkapkan, belum melihat performa pemain Indonesia secara langsung. Riedl hanya memantau mereka lewat dunia maya.

"Sampai saat ini, saya hanya mengetahui permainan mereka dari internet. Saya hanya tahu faktanya, tapi belum pernah melihat mereka bermain," ujar Riedl saat ditemui di Kantor PSSI, Kamis 6 Februari 2014.

Tercatat, enam pemain Indonesia kini bermain di luar negeri seperti Sergio Van Dijk (Sepahan/Iran), Andik Vermansyah (Selangor FA), Patrich Wanggai (T-Team FC/Malaysia), Stefano Lilipaly (Almere City/Belanda), Irfan Bachdim (Venforet Kofu/Jepang) dan Hamka Hamzah (PKNS FC/Malaysia).

Tapi dari deretan pemain itu, hanya bek Hamka Hamzah yang mencuri perhatian Riedl. Sejak bermain di PKNS FC, mantan pemain PSM Makassar itu, sudah menyumbangkan 3 gol. Selebihnya, lima pemain lainnya belum bisa menunjukkan kontribusi maksimal untuk timnya masing-masing.

"Hamka sedang berada dalam performa puncak. Anda juga tahu dia menjadi starter," kata suksesor Jacksen F. Tiago itu.

Pelatih yang pernah menukangi Laos itu pun menyatakan, telah mengantongi bibit-bibit unggul pemain Timnas selama bersafari keliling Indonesia mencari pemain. Namun saat ini, Riedl belum bersedia membocorkan nama-nama pemain tersebut.

"Ada beberapa pemain yang saya tidak tahu sebelumnya. Tidak ada nama mereka dalam daftar tim, termasuk pemain di SEA Games 2013. Tapi untuk saat ini, saya tidak bersedia mengumumkan nama-namanya," kata Riedl.[liputan6]